Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

SURGA 2023: Lebarannya Para Cyclist Gravel Indonesia

SURGA 2023: Lebarannya Para Cyclist Gravel Indonesia

Surabaya Urban Gravel Adventure atau lebih dikenal SURGA tidak pernah gagal memberikan siksaan baru bagi para pecinta gravel Indonesia. Kalau tidak percaya, tengok saja cerita yang mereka bagikan melalui instagram @surga_2023 dan @jalaniaja.cc. Di sana kamu bakal menemukan banyak kisah menarik tentang perjuangan para cyclist gravel dalam menuntaskan tantangan SURGA 2023 pada Minggu, 5 November 2023.

 

Sekitar 480 cyclist tercatat menjadi peserta SURGA 2023. Jika Bromo KOM Challenge merupakan ajang naik hajinya para cyclist di Indonesia, nah, kalau SURGA pastilah menjadi event lebarannya para cyclist gravel tanah air. Acara yang digagas oleh squad inti JalaniAja.CC tersebut menjadi event balap sepeda gravel terbesar di Indonesia. Makanya pesertanya pun datang dari berbagai provinsi.

 

 

Acara yang didukung oleh SUB Jersey ini berjalan sangat seru. Bukannya menggerutu, para peserta SURGA 2023 itu justru sangat menikmati berbagai siksaan yang disajikan dalam season finale ini. Peserta dibagi dalam dua kategori, yakni endurace 100 km++ dan adventure 50 km++.

 

Rutenya pun dibuat berbeda. Di mana para peserta adventure diajak keliling dalam kota Surabaya dengan nuansa berbeda. Mereka disajikan tantangan seperti bersepeda menaiki jembatan penyeberangan orang, di bawah tol, dan tempat-tempat tidak terduga lainnya.

 

Sedangkan, para cyclist yang memilih gowes endurace diberikan rute ke luar daerah Surabaya. Tantangannya cukup komplet, mulai dari ladang, sawah, jalan bebatuan, hingga jalanan berlumpur.

 

 

Lelah sudah pasti dirasakan oleh para peserta. Belum lagi cuaca Surabaya yang luar biasa menyengat. Tetapi hal itu tampaknya belum cukup menyiksa. Para cyclist ini diberi tantangan terakhir dengan bersepeda naik ke area rooftop mall City of Tomorrow.

 

“Untuk menambah keseruan bagaimana teman-teman diuji dengan rute yang kami buat. Ternyata dengan rute penyiksaan seperti itu teman-teman malah menikmati. Naik ke mall ini merupakan permintaan dari teman-teman juga,” jelas Syamsul Rizal, squad inti JalaniAja.CC saat dihubungi SUB Jersey.

 

 

Cyclist yang dikenal dengan sebutan Rijaltobat itu mengungkapkan sebelum menggelar event ini, pihaknya sering membuka ruang bagi para pecinta gravel untuk memberi saran rute. Salah satu yang paling sering diminta ialah bisa merasakan tanjakan di parkiran mall. Makanya harapan ini diwujudkan dalam pelaksanaan SURGA tahun ini.

 

Pradimtyo Mer Handipo menjadi peserta pertama yang mampu menuntaskan race endurance 100 km. Cyclist yang akrab disapa dr Tyo tersebut  finis pukul 10:26:37 WIB. Disusul Kent Graff  pada posisi kedua pada waktu 10:56:33 WIB. Di belakangnya ada Arifitra Yudha Prasetyo menyusul dengan selisih tipis pukul 10:57:32 WIB. Nomor yang dilombakan dalam event ini hanyalah endurace 100 km++ saja.

 

“Pemenang nggak hanya berdasar kecepatan saja, tetapi juga ketepatan mengikuti map dan melakukan aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia,” ucap Rijal.


 

Atas kemenangan itu, dr Tyo berhak atas sebuah frame sepeda edisi spesial. Frame ini didesain secara khusus oleh Mr. Bony yang merupakan desainer andalan JalaniAja.CC.

 

Kendati sukses besar, SURGA 2023 ini merupakan ajang terakhir diadakannya event balap sepeda gravel di Surabaya. JalaniAja.CC merasa masih banyak tempat di luar Kota Pahlawan yang bisa dieksplor dengan bersepeda. Terutama daerah-daerah yang memiliki basis komunitas gravel yang besar.

 

Namun, tenang saja. SUB Jersey akan selalu mendukung penuh perkembangan event-event gravel di tanah air.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published