Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

7 Tips Bersepeda Saat Musim Hujan Datang

7 Tips Bersepeda Saat Musim Hujan Datang

Musim hujan segera datang. Sebaiknya persiapan gowes harus mulai dipikirkan matang. Supaya hati tenang dan gowes pun tetap jalan walau turun hujan.

 

Semua pasti setuju kalau musim penghujan bukan halangan untuk tetap berolahraga, termasuk gowes. Selama ada niat dan semangat, cobaan apapun pasti dihadapi. Kecuali jika ada badai dan angin topan yang berpotensi membahayakan keselamatan.

 

Memang ada banyak faktor yang harus diperhatikan ketika ingin bersepeda saat musim hujan. Sebesar apapun cintamu pada gowes, tetap saja keselamatan harus diutamakan. Bisa saja saat berangkat dari rumah, cuaca masih cerah. Namun di tengah jalan tiba-tiba turun hujan. Saat itu terjadi, kamu harus bisa menilai apakah intensitas hujannya layak untuk diterobos dengan bersepeda ataukah kamu harus menepi dan mengakhiri kegiatan gowes hari itu.

 

Kendati demikian, tetapi sebaiknya jangan terlalu khawatir dengan datangnya musim hujan. Cuaca ini bukanlah penghambatan kegiatanmu bersepeda. Malahan bisa bikin kamu lebih baik dalam mempersiapkan diri sebelum turun ke jalan.

 

Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebelum musim itu datang. SUB Jersey telah merangkumnya khusus buat kamu, para cyclist dengan semangat bersepeda membara, untuk menghadapi musim hujan. Dijamin ini bisa membantu kamu buat lebih percaya diri saat hujan datang.

 

1. Pastikan Sepeda Dalam Kondisi Prima

Penting sekali untuk memastikan sepeda dalam kondisi prima. Hal ini untuk menghindari terjadinya masalah saat dipakai. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, terutama saat hujan dan posisi kamu jauh dari mana-mana.

Cek secara berkala rem sepeda kamu. Bagaimana pun bersepeda saat hujan bukanlah ajang adu kecepatan. Sebaliknya kamu harus meningkatkan kewaspadaanmu selama di jalan. Demi keselamatan diri sendiri dan para pengguna jalan yang lain. Jadi kamu pastinya harus siap dengan kondisi apapun sehingga kondisi rem yang apik sangat diperlukan.

     

    2. Pasang Lampu dan Mud Guard

    Dua aksesoris ini sangat penting untuk dipasang ketika hujan. Memang belum tentu kamu akan bersepeda ketika hari sudah gelap. Tetapi memasang lampu saat hujan bisa membantu kamu sebagai sinyal saat cuaca berkabut dan jarak pandang terbatas.

    Lalu mud guard sebagai pelindung dari cipratan air dan lumpur di jalan. Tentunya kamu tidak berekspektasi jalanan akan terus kering saat musim hujan datang, bukan? Jadi tidak ada salahnya memasang aksesoris ini untuk melindungi diri sendiri dan pengguna jalan yang lain.

       

      3. Periksa Tekanan Ban Pada Sepeda

      Setiap cyclist pasti setuju bersepeda saat kondisi kering dan basah itu sangat berbeda. Hujan bisa menyapu banyak batu maupun partikel lain untuk turun ke jalan. Hal itu tentu bisa membahayakan karena berpotensi menusuk ban sepeda.

      Mengganti ban yang bocor di pinggir jalan saat cuaca cerah saja bukan hal yang menyenangkan, apalagi di tengah-tengah hujan. Tentu itu bukan kondisi yang diinginkan oleh semua cyclist.

      Mengurangi tekanan ban sepeda pada musim hujan merupakan ide yang bagus. Karena saat ban terlalu keras, maka akan lebih mudah tergelincir akibat ban kehilangan cengkramannya. Selain itu, sebaiknya ganti ban khusus untuk musim hujan. Biasanya ukuran ban akan sedikit lebih besar dan tebal yang dirancang untuk melewati jalanan yang basah karena hujan.

      Jangan lupa selalu bawa ban dalam atau ban cadangan, serta pompa. Lebih baik berjaga-jaga daripada pulang dengan menuntun sepeda.   

         

        4. Investasi Jaket Waterproof

        Ini adalah hal yang wajib dimiliki oleh cyclist yang ingin tetap bersepeda saat musim hujan. Jaket anti air jadi pakaian paling penting untuk melawan hujan. Dengan mengenakannya, kamu jadi lebih terlindungi karena tubuh tetap kering walau diterpa hujan. Suhu tubuh juga terjaga meski cuaca dingin akibat hujan.

        Tidak ada salahnya berinvestasi jaket demi keselamatan diri. Kamu bisa memilih SUB Waterproof Barrier Jacket yang dirancang khusus untuk menghadapi musim hujan. Menggunakan bahan anti air yang dilengkapi kantong ritsleting di bagian samping.

         

           

          Tersedia dalam dua warna, Pureed Pumpkin dan Mykonos Blue. Dapatkan segera hanya di SUB Design Gallery Sutos, webstore SUB Jersey, dan official reseller SUB. Gratis kaos kaki seharga Rp 75.000 selama persediaan masih ada. Jadi tunggu apalagi, segera miliki SUB Waterproof Barrier Jacket.

           

           

          5. Gunakan Overshoes dan Gloves

          Siapapun pasti tidak nyaman kalau bagian tangan dan kaki mengalami kedinginan saat hujan. Bisa-bisa rasa dinginnya menyebar hingga seluruh badan. Makanya membekali diri dengan overshoes dan gloves ketika gowes di musim hujan itu sangat perlu.

          Tidak usah khawatir hal itu akan menghambatmu atau membuatmu kehilangan cengkraman pada sepeda. Sebaliknya kedua aksesoris ini bakal sangat membantumu.

             

            6. Hindari Genangan di Jalan

            Jangan pernah coba-coba melewati genangan air di jalan. Kamu tidak tahu apakah itu hanya sekedar air yang berkumpul di pinggir jalan atau malah ternyata ada lubang di dalamnya yang bisa bikin kamu celaka. Tentu kamu tidak mau sampai mengalami petaka ini, bukan?

            Sebelum menghindarinya dan bergeser posisi, sebaiknya pastikan dulu kondisi jalan aman. Tidak ada kendaraan yang tengah melaju ke posisi itu. Supaya baik kamu maupun pengguna jalan yang lain tidak kaget.

            Kamu hanya boleh melewati genangan air ketika kamu benar-benar bisa melihat apa yang ada di bawahnya. Kalau aman silakan terobos. Kalau tidak, segeralah menghindar.

               

              7. Segera Bersihkan Sepeda Setelah Sampai Rumah

              Air hujan tidak ramah bagi sepeda karena sifatnya asam. Hal tersebut bisa bikin korosi pada sepeda yang berbahan besi maupun alumunium jika tidak langsung membersihkannya.

              Memang menyempatkan waktu untuk membersihkan sepeda setelah diri sendiri menerjang hujan bukan hal yang menyenangkan. Malas ataupun lelah gara-gara hujan sulit dihindari. Namun, membiarkan air hujan dan partikel kotor tetap menempel di sepeda bisa berdampak buruk bagi kualitas dan performa sepeda.

              Karena itu sebaiknya sempatkan mengguyur sepeda dengan air bersih begitu sampai di rumah, ya. Supaya sepeda tetap terjaga dan kamu bisa terus gowes dengan aman.

                 

                Nah, itu tadi beberapa tips dari SUB Jersey. Pastinya kamu sudah tahu, dong, apa saja yang harus disiapkan sebelum musim hujan datang. Semoga bermanfaat, ya!

                 

                Tetap semangat berolahraga!!

                Leave a comment

                Your email address will not be published. Required fields are marked *

                Please note, comments must be approved before they are published