Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Barong, Komunitas Sepeda Merambah Lari Berkat Maybank Marathon

Barong, Komunitas Sepeda Merambah Lari Berkat Maybank Marathon

Ada banyak komunitas sepeda yang juga berstatus sebagai komunitas lari di berbagai kota. Mereka kebanyakan memang pegiat sepeda sekaligus lari. Dengan satu payung, para anggotanya bisa memilih bersepeda atau lari.

Hal itu juga terjadi pada Barong, sebuah komunitas yang berbasis di Bali. Komunitas yang diketuai oleh Ketut Gde Duarsa itu mulanya adalah komunitas sepeda selama beberapa tahun. Namun, para anggotanya juga mulai meminati olahraga lari.

Ini tidak lepas dari apa yang dilakukan I Gede Rhyza Helces. Dia mulanya berstatus anggota Barong yang masih menaungi penggemar sepeda. Rhyza kemudian mengikuti Maybank Marathon 2022 yang merupakan event lari bergengsi di Bali.

Dari situlah, jumlah anggota Barong yang mengikuti Maybank Marathon bertambah. Pada edisi 2024 yang digelar 25 Agustus lalu, ada sebanyak 11 anggota Barong yang mengikuti event tersebut, kebanyakan di Half Marathon berjarak 21 km.

Total ada sekitar 50-an anggota Barong, dengan sebanyak 20 anggota yang aktif bersepeda. Sudah lebih dari separuh yang juga ikut aktif dalam berbagai event lari.

Rhyza menuturkan bahwa jumlah pelari di Barong semakin banyak juga tidak lepas dari Maybank Marathon yang pertama digelar pada 2012. Kini, Maybank Marathon jadi lari internasional Elite Label Road Race pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Hal itu membuat semakin banyak bermunculan pelari di Bali. Hampir setiap akhir pekan, selalu ada event tersebut di desa-desa berbagai daerah di Pulau Dewata.

“Orang Bali sekarang sangat senang berlari. Event-event perusahaan besar atau instansi pemerintah bermunculan. Tapi, di desa-desa juga semakin banyak ajang lari. Jadi ini menambah antusiasme warga Bali,” tutur Rhyza.

 

 

Rhyza sendiri bersama 10 rekannya sesama anggota Barong mengikuti Maybank Marathon 2024 yang bergengsi. Rhyza mencatatkan chip time 2 jam 3 menit 34 detik untuk menuntaskan Half Marathon.

Pria asli Bali itu mulanya memesan jersey khusus di SUB Jersey dengan warna merah pada tahun lalu. Tahun ini, para anggota Barong memakai jersey hitam juga hasil kolaborasi dengan SUB Jersey.

“Kami sudah tahu kualitas SUB Jersey dari bersepeda. Bahannya memang enak. Ini sebenarnya bukan cuma cocok untuk lari, tapi juga olahraga lain. Kalau urusan olahraga, saya percayakan ke SUB Jersey,” tutur Rhyza.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published