Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Nyaman Lari 42 Km, Dedek Manis Pakai Jersey Custom di Maybank Marathon 2024

Nyaman Lari 42 Km, Dedek Manis Pakai Jersey Custom di Maybank Marathon 2024

Arifin sudah berpengalaman mengikuti Maybank Marathon. Dia sudah tercatat tiga kali mengikutinya. Pada 2022, pria yang lebih dikenal dengan sebutan Dedek Manis itu mengikuti kategori Half Marathon (21 km).

Mulai 2023, Dedek Manis memilih katgeori Marathon (42 km). Bedanya di tahun 2024, dia memakai jersey custom buatan SUB Jersey. Dia mengaku sudah nyaman memakai SUB Jersey sehingga memilih custom.

Mengenakan jersey berharga ungu dan celana hitam, Dedek Manis sukses mencuri perhatian di ajang ini. Apalagi, dia juga melengkapinya dengan bando yang dipakai di kepala.

“Dari awal aku ingin kasih tunjuk ke orang baju itu nggak harus brand mahal yang harganya sampai jutaan rupiah. Local brand itu juga nyaman dipakai untuk marathon. Seperti biasa SUB Jersey selalu nyaman dipakai,” ucap Dedek Manis.

Pria asli Surabaya itu sebenarnya sempat mengalami insiden saat mengikuti Maybank Marathon 2024 di Bali United Training Center, Gianyar, 25 Agustus 2024. Dia mengaku tidak menghadapi kendala berarti beberapa kilometer awal.

Rute Marathon menawarkan tanjakan di sekitar KM 7 sampai KM 15. Namun, ini bukan jadi kendala buat Dedek Manis karena masih ada turunan yang membuatnya bisa mengatur ritme berlari.

Situasinya berbeda ketika sudah memasuki KM 27 hingga KM 31. Sepanjang 4 km itu menawarkan tanjakan yang jadi tantangan berat buat pelari marathon. Apalagi, Dedek Manis melewatinya saat kondisi hujan.

“Di situ menanjak terus dan kaki kekunci. Betis kanan kiri juga terasa sakit. Mental sebenarnya sempat menurun. Tapi setelah KM 31, sudah menurun juga dari tanjakan, ketemu teman dan rasanya masih bisa diusahakan finish,” ungkap Dedek Manis.

 

 

Dia sempat terpikir untuk did not finish (DNF), namun semangatnya masih ada sehingga terus mencoba menaklukkan rute baru ini. Begitu sampai KM 41, Dedek Manis merasa kondisi fisiknya semakin menurun. Tapi, itu sudah tinggal 1 km lagi untuk mencapai garis finish.

Dari situlah mentalnya terangkat lagi untuk bisa menuntaskan sampai garis finish. Dia mengaku tenaganya sudah habis, tapi merasa perlu menyelesaikan Marathon ini. Begitu tiba di garis finish, dia langsung tumbang

“Saya pokoknya lari terus sampai finish bagaimana caranya. Saat jatuh, itu sebenarnya bukan pingsan. Tim medis menolong dengan memberikan es batu di seluruh tubuh saya supaya cepat recovery,” ungkapnya.

Beruntung tidak ada masalah yang mengkhawatirkan dari insiden itu. Dedek Manis sebenarnya mengaku sudah berlatih dengan baik untuk menyiapkan Maybank Marathon 2024 ini. Hanya saja, rute tanjakan latihan tentu berbeda dari apa yang dialaminya di event ini.

Dia mengaku mendapat banyak pelajaran berharga selama Maybank Marathon 2024. Latihan penguatan tentu jadi yang penting. Selain itu, perlu mengelola emosi dan mental agar tetap tenang menghadapi situasi saat berlari.

“Apa yang saya alami tentu saja bukan karena jersey. Lebih ke fisik saja yang memang menurun. Yang saya pakai itu custom, gampang nyerap keringat juga. Selama 42 kilometer saya tidak merasa terganggu, ringan, dan nyaman,” ujarnya.

Dedek Manis sendiri sukses menyelesaikan Maybank Marathon 2024 dengan chip time 3 jam 50 menit 33 detik. Angka itu terbilang bagus, apalagi berada di pace rata-rata 5.

Selamat, Dedek Manis! Sukses selalu di event berikutnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published