Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Pacer

Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Pacer

Bicara soal olahraga lari memang tidak ada habisnya. Ada saja yang bisa dibahas dari aktivitas fisik yang mengandalkan kaki tersebut. Kali ini SUB Jersey akan mengajak kamu untuk mengenal lebih dalam mengenai pacer.

 

Kalau kamu sudah pernah ikut event lari, pasti pernah menemui para pelari yang menggunakan atribut khusus bertuliskan pacer. Mereka biasanya ikut dalam peleton lari, tetapi bukan untuk berlomba. Tugas para pacer ini ialah untuk memandu kecepatan lari para peserta agar mencapai target waktu yang diinginkan.

 

Para pacer yang dipilih biasanya sudah berpengalaman dalam berbagai event lomba lari. Makanya mereka dipercaya untuk menjaga stabilitas kecepatan pelari selama perlombaan berlangsung.

 

Tidak hanya penyelenggara lomba saja yang mengadakan pacer bagi para peserta. Biasanya ada dari para runners yang didampingi oleh coach pribadi mereka saat race. Sang coach itulah yang kemudian bertugas sebagai pemandu kecepatan agar si runners mampu mencapai garis finis yang diinginkan.

 

Seperti pada New York Marathon 2023 yang diselenggarakan awal November lalu. Penyanyi Gisella Anastasia tidak berlari sendirian dalam ajang marathon bergengsi di dunia tersebut. Ada sosok coach Chaidir Akbar yang setia mendampinginya sejak start hingga finish. Sehingga mereka pun mencatatkan waktu yang sama persis dalam menuntaskan race itu.

 

Chaidir Akbar pacer Gisella Anastasia pakai SUB Jersey

Chaidir Akbar dan Gisella Anastasia di New York Marathon 2023

 

Keberadaan pacer ini dinilai penting sekali. Tidak hanya untuk memandu kecepatan pelari saja. Pacer juga berperan penting untuk menyemangati para pelari selama perlombaan. Seperti yang kamu tahu, tidak mudah untuk menyelesaikan lomba lari jarak jauh. Butuh motivasi ekstra untuk sampai finis. Di sinilah peran pacer.

 

“Kalau kita lari ada pacernya, pace kita stabil karena ada yang kontrol. Kita nggak perlu mikir, tinggal ikuti saja,” kata Coach Ong Sin Kwei.

 

Selain itu, pacer akan selalu mengingatkan kamu untuk menjaga hidrasi tubuh selama berlari. Penting untuk diingat bahwa apapun olahraganya, jangan sampai kekurangan cairan. Sebab, bisa memicu resiko dehidrasi, kram bahkan pingsan. Tenang saja, dalam event lari ada banyak spot water station yang disediakan oleh penyelenggara. Kamu bisa memanfaatkannya dengan baik.

Menurut Coach Ong, tidak masalah jika tidak ingin membawa pacer pribadi atau mengikuti pacer yang ada dalam lomba. Dengan catatan bahwa kamu sudah biasa latihan sendiri sehingga sudah terbiasa mengontrol kecepatan larimu.

 

“Dengan begitu, lari sendiri pun nggak masalah. Asalkan nggak ambisius dan jadi ketarik pelari di depannya. Ini seringkali terjadi,” ucap coach 41 tahun tersebut.

 

Coach SUB Jersey itu mewanti-wanti agar selalu dalam keadaan sadar selama berlari. Maksudnya jangan terbius dengan gelombang pelari lain yang mungkin saja lebih mahir dan berpengalaman dibanding kita. Kalau mengikuti arus, bisa-bisa nanti energi sudah habis sebelum waktunya.

 

Pacer SUB x KOGU Siap-Siap Marathon Jilid I

Para pacer SUB x KOGU Siap-Siap Marathon Jilid I

 

Seumpama hal itu terjadi, cepatlah sadar. Tidak usah langsung berhenti, karena, di belakang ada banyak pelari. Bisa-bisa kamu tertabrak. Cukup dengan mengurangi kecepatan secara perlahan dan kembali ke pace kamu yang sebenarnya. Dengan begitu, kamu bisa finis bahagia sesuai rencana.

 

Semangat selalu!! Jangan menyerah!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published