Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Julak Yayan - Si Penguasa Bromo Rebut Podium Pertama di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023

Julak Yayan - Si Penguasa Bromo Rebut Podium Pertama di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023

Siapa tak kenal Julak Yayan? Penguasa Bromo KOM Challenge kategori usia 60+ yang sudah enam tahun berturut-turut mempertahankan tahtanya. Setiap ikut event yang diadakan oleh mainsepeda.com, cyclist asal Balikpapan itu tidak pernah kalah.

Begitu pula dengan gelaran Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023. Julak-lah menempati podium pertama dalam kategorinya. Ia menjadi yang tercepat memasuki garis finis di Paltuding.

“Mungkin teman-teman mengalah pada bapak dan membiarkan bapak lewat duluan,” candanya sambil terkekeh saat mengobrol dengan SUB Jersey.

Tanjakan sudah jadi menu santapan sehari-hari bagi cyclist 64 tahun tersebut. Tinggal di Balikpapan membuatnya rutin latihan menanjak. Jadi Julak tidak menemui kendala berarti ketika mendaki Gunung Ijen.

Ia sama sekali tidak gentar meski tanjakan Erek-Erek terkenal kejam dengan variasi kemiringan hingga 31 persen. Malahan Julak sangat penasaran bagaimana rupa tanjakan yang bikin para cyclist sampai menuntun sepedanya. Sebab, ia belum pernah sama sekali bersepeda di Ijen. Ini menjadi pengalaman perdananya.

“Bapak tidak kaget lagi dengan Ijen. Hari-hari di Balikpapan sudah nanjak. Latihan minimal 20 kilometer setiap harinya,” ujar ayah dari pebalap Firman Hidayat tersebut.

Walau usianya tidak lagi muda, tidak lantas membuatnya gampang menyerah. Julak sangat hebat. Ia sama sekali tidak turun dari sepeda meski tanjakan sangat ekstrem. Tidak juga mengalami kram. Julak berhasil berada di garda terdepan untuk kategori usia 60+ sejak start KOM.

Berhasil menjadi juara dalam ajang kedua Trilogi Jawa Timur 2023 membuat Julak mendapat poin penuh. Sebelumnya ia juga meraih podium pertama di Bromo KOM Challenge 2023. Sehingga total poin yang dikumpulkannya adalah 40.

Hasil itu membuat peluangnya menjuarai Trilogi Jatim tahun ini terbuka lebar. Julak pun berambisi untuk meraih posisi pertama Kediri Dholo KOM Challenge 2023 yang akan diadakan 24 September mendatang. Dengan demikian gelar Trilogi Jatim akan berada dalam genggamannya.


Wah… semoga berhasil mewujudkannya, Pak Julak!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published