Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Kenalkan Calon Ibukota Negara Baru Lewat Tour de IKN

Kenalkan Calon Ibukota Negara Baru Lewat Tour de IKN
Tour de IKN 2023 yang digelar Sabtu (24/6) mendapat sambutan luar biasa dari khalayak pesepeda seluruh Indonesia. Acara yang digagas oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Timur dalam rangka Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-77 tersebut diikuti sekitar 1.100 peserta yang datang dari berbagai daerah.

Balapan dengan rute sejauh 125 kilometer dari Balikpapan menuju Samarinda itu memang memiliki daya tarik sendiri. Peserta diajak melintasi rute yang nantinya akan menjadi ibukota negara yang baru. Pastinya ini menjadi pengalaman tak terlupakan bagi para cyclist dapat melihat langsung proses pembangunannya. Seperti diketahui, pemerintah Indonesia akan memindahkan ibukota negara dari DKI Jakarta ke Kaltim.

"Kami mendukung langkah pemerintah untuk perpindahan ibukota. Makanya kami sengaja mengambil nama Tour de IKN," ucap koordinator acara, Danu Prasetyo, kepada SUB Jersey.

Peserta tour de IKN terbagi menjadi tujuh kategori. Yakni Women Open, Men Junior, Men Elite, Men Master A, B, dan C, serta non-kompetisi. Menurut Danu, kuota peserta ludes dalam lima hari sejak pendaftaran Tour de IKN dibuka. Itupun pihak penyelenggara terpaksa membatasi jumlah peserta. Antusiasme cyclist yang ingin mengikuti ajang ini memang sangat tinggi.

Lapangan Merdeka Balikpapan menjadi titik start Tour de IKN. Para cyclist disuguhi jalur rolling yang cukup menantang. Panitia menyediakan tiga pit stop pada KM 33, KM 68, dan KM 86 dengan garis finis di GOR Segiri Samarinda.

"Banyak dari teman-teman peserta yang merasa sangat nyaman dan menyenangkan mengikuti event ini. Selain hadiahnya banyak, penyelenggaraan eventnya sangat rapi dan aman. Sebab, pengawalan di jalan sangat steril," tutur Danu.

Hadiah yang diberikan bagi para pemenang Tour de IKN memang tidak tanggung-tanggung. Total hadiah uang tunai sebesar Rp 28 juta untuk tiap kategori. Di mana juara pertama berhak atas Rp 10 juta, juara kedua Rp 8 juta, juara ketiga 5 juta, juara keempat 3 juta, dan juara kelima 2 juta. Selain itu, para pemenang utama di masing-masing kategori berhak atas sepeda lipat.

Penyelenggaraan Tour de IKN oleh Kapolda Kaltim mendapat dukungan penuh dari SUB Jersey. Pengalaman SUB Jersey menangani berbagai event balap sepeda di Indonesia membuat pihak Kapolda Kaltim mempercayakan jersey Tour de IKN.

"Kami percaya dengan kualitas dari SUB. Kami sangat mendukung produk lokal, karena kualitasnya nggak kalah dengan produk internasional," puji Danu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published