Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Butuh 25 Jam Untuk Taklukkan Amazean Jungle 2024 di Thailand

Butuh 25 Jam Untuk Taklukkan Amazean Jungle 2024 di Thailand

Bukan Yanizar Suryadratama namanya kalau tidak menjajal tantangan baru. Kali ini ia terbang ke Thailand untuk ikut Amazean Jungle by UTMB yang digelar 3-5 Mei 2024 di Betong Mongkhonrit Tunnel. Tidak tanggung-tanggung, ia memilih kategori 100 km dalam ajang yang terkenal dengan rutenya yang luar biasa susah tersebut. 


Nizar, panggilan akrabnya, sengaja ingin menjajal batas kemampuannya. Sebab, sebelumnya ia tidak pernah mencoba ultra trail running hingga jarak tersebut. Paling jauh hanya 80 km. Makanya Amazean Jungle ini jadi ajang uji cobanya. 


“Alhamdulillah saya bisa lolos. Ada bantuan support dari sponsor dan teman-teman juga,” ucap Nizar saat dihubungi SUB Jersey. 


Baca juga: Pengalaman Luar Biasa Dari London Marathon 2024 Bagi Ong Sin Kwei


Kendati sudah malang melintang di berbagai medan terjal, tetap saja Nizar dibikin geleng-geleng kepala dengan rute Amazean Jungle ini. Mengambil lokasi di hutan perbatasan antara Thailand dan Malaysia, Nizar sama sekali tidak menyangka kalau rutenya akan sangat susah.

 


“Saya nggak tahu kalau ini the most hardest race di Asia by UTMB. Sangat menantang. Bukan sembarang orang bisa ikut race semacam ini, karena, gila banget, sih,” ungkapnya. 


Kelembaban jadi kendala utama yang dihadapinya. Meski sama-sama berada di Asia Tenggara, namun, Nizar cukup kaget dengan kelembaban yang sangat tinggi. Bahkan ia mengaku sempat susah nafas gara-gara itu. 


Sudah rutenya terjal, masih diperparah dengan kondisi berlumpur sehabis hujan deras. Jadilah sulit bagi Nizar untuk benar-benar berlari. Ia harus ekstra hati-hati selama menempuh perjalanan tersebut. 


Baca juga: Sungailiat Triathlon 2024 Jadi Event Triathlon ke-74 Chaidir Akbar, Bakal Kejar Target Sampai 100 Event


Belum lagi dengan tanaman-tanaman berduri yang mendominasi hutan. Sudah tak terhitung berapa luka gores yang dialaminya untuk menyelesaikan tantangan ini. 

 

 

Start pukul 04.00 waktu setempat, Nizar tidak mematok target tinggi. Terlebih peserta yang datang dari berbagai penjuru dunia. Tentu secara peluang untuk memenangkan ajang ini tidak begitu lebar. 


Finis selamat tanpa kendala apapun jadi prioritas utamanya. Ia pun ditemani SUB Jersey untuk petualangannya di Thailand ini. Nizar memutuskan memakai SUB Running Mozaik untuk menuntaskan Amazean Jungle 2024. 


Butuh waktu sekitar 25 jam 19 menit bagi Nizar untuk finis. Ia memang butuh waktu yang sangat banyak lantaran medan yang dilaluinya sangat tidak biasa. Didominasi rute hutan yang sangat terjal dan bebatuan yang membuatnya kesusahan berlari. Kemudian, ia juga dilewatkan tunel sempit yang untungnya dilengkapi lampu-lampu. 


“Puas sekali karena balik dengan selamat,” kata Nizar lega. 


Kendati sempat mengaku kapok saat race, tetap saja jiwa petualang Nizar membuatnya tidak melewatkan Bali Trail Running Ultra yang akan digelar 11 Mei besok. Ya, itu akan menjadi event selanjutnya yang akan ditaklukkan olehnya. Nizar sendiri memastikan diri ikut kategori 55 km. 


Semoga sukses, Nizar!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published