Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Mangkunegaran Run In Solo: Racepack, Rute, dan Fakta yang Wajib Kamu Ketahui

Mangkunegaran Run In Solo: Racepack, Rute, dan Fakta yang Wajib Kamu Ketahui

Mangkunegaran Run In Solo tinggal menghitung hari. Event lari yang akan segera digelar pada Minggu, 28 April mendatang itu merupakan rangkaian Adeging Mangkunegaran untuk merayakan HUT ke-267 Pura Mangkunegaran. 


Kesuksesan edisi pertama acara fun run pada 2023 silam, memantik Mangkunegaran Run In Solo untuk kembali digelar pada tahun ini. Tentunya dengan konsep yang lebih istimewa. Antusiasme masyarakat mengikuti ajang  lari mengitari Kota Solo tersebut sangat tinggi. Tercatat akan ada sekitar 3.000 peserta Mangkunegaran Run In Solo 2024.


"Saya selalu bilang dari awal sampai sekarang prinsipnya masih sama, yaitu bagaimana Mangkunegaran lebih hidup, lebih bermanfaat bagi masyarakat. Kami bisa memberikan dampak yang positif untuk masyarakat dan bisa belajar dari masyarakat," ujar K.G.P.A.A. Mangkoenagoro X dalam konferensi pers Mangkunegaran Run In Solo. 


SUB Jersey resmi menjadi official jersey dalam gelaran tersebut. Di mana jersey berwarna hijau yang diterima seluruh peserta saat pengambilan race pack yang dimulai Jumat, 26 April itu merupakan hasil kolaborasi Mangkunegaran Run In Solo dengan SUB Jersey.


Meriahnya euforia para runner menyambut Mangkunegaran Run In Solo pastinya memantik rasa penasaran mengenai event ini. Tidak perlu khawatir. SUB akan membeberkan beberapa fakta menarik tentang Mangkunegaran Run In Solo. Simak artikel berikut ini, ya. 


Baca juga: SUB Jersey Jadi Official Jersey Mangkunegaran Run In Solo


Bertujuan Untuk Mempromosikan Budaya Jawa

Mangkunegaran Run In Solo tidak hanya mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga. Ada misi lain yang turut ingin dicapai melalui kegiatan ini. Yaitu mempromosikan budaya Jawa agar tetap dilestarikan oleh masyarakat lokal dan dikenal lebih luar oleh masyarakat Indonesia. 


Jumlah Peserta Membludak

Jika dibanding tahun sebelumnya, antusiasme pelari untuk mengikuti Mangkunegaran Run In Solo mengalami peningkatan. Dari 2.500 pelari menjadi 3.000 pelari pada 2024 ini. 


Bayangkan bagaimana Solo akan dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri. Hal tersebut tentu dapat mendatangkan manfaat di berbagai sektor bagi masyarakat Solo khususnya. 


Official Jersey Penuh Filosofi

Jersey Mangkunegaran Run In Solo ini mengandung filosofi yang sangat tinggi. Terinspirasi dari seragam prajurit, official jersey event ini mengambil warna dasar hijau tua. 


Tidak seperti official jersey event running pada umumnya. Jersey Mangkunegaran Run In Solo ini memiliki kerah berwarna biru tua dengan garis keemasan. Kerah tersebut merupakan bagian dari busana prajurit yang biasanya dipakai untuk peletakan bintang kepangkatan. 


Kemudian garis lapis warna biru, kuning emas, biru yang melintang dari lengan kiri hingga kanan merepresentasikan simbol perlindungan seperti bagian epaulette (lambang pangkat yang ada di bahu). 


Selain itu, bagian biru pada lengan dan kerah sebagai gambaran pakaian dalaman hem yang dibalut dengan rompi luar berwarna hijau. Garis paralel berwarna kuning emas, biru, kuning emas pada bagian depan melambangkan kancing simpul yang biasa terdapat dalam pakaian militer. 


Jersey ini menjadi persembahan terbaik dari SUB Jersey bagi seluruh peserta Mangkunegaran Run In Solo. Diharapkan seluruh peserta akan mengenakannya selama race berlangsung pada Minggu nanti. 


Pengambilan Race Pack

Pengambilan race pack Mangkunegaran Run In Solo akan diadakan selama dua hari berturut-turut. Tepatnya pada Jumat, 26 April 2024 mulai pukul 13.00-20.00 WIB dan Sabtu, 27 April 2024 mulai pukul 09.00-20.00 WIB. 


Lokasi pengambilannya berada di Pendopo Pura Mangkunegaran, Jl. Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. 


Pastikan kamu hadir sesuai jadwal yang tertera, ya. Jangan sampai slot kamu hangus gara-gara salah jadwal. 


Rute Melewati Berbagai Ikon Kota Solo


Photo Mangkunegaran Run In Solo

 

Mangkunegaran Run In Solo menyediakan tiga kategori lari. Yaitu 21 km atau half marathon, 10 km, dan 5 km. 


Start dan finish berada di Pura Mangkunegaran. Pada kategori half marathon, peserta bakal diajak menikmati keindahan Kota Solo. Terbukti rutenya akan dilewatkan ke berbagai ikon kota tersebut. 


Jadi dari Pura Mangkunegaran menuju Taman Sriwedari, lalu Benteng Vastenberg, melewati Solo Safari. Dari situ peserta harus berlari di Jl Ki Hajar Dewantara menuju Jl Adi Sucipto. 


Runners tidak akan dilewatkan Stadion Manahan ataupun daerah Statiun Solo Balapan yang ikonik. Sebab, area tersebut akan digunakan sebagai area parkir yang bisa menampung sekitar 1000 kendaraan roda empat. Tetapi kamu bisa menyempatkan waktu mengunjunginya usai race. 


Jangan lupa untuk mengabadikan momen selama Mangkunegaran Run In Solo. Jangan hanya fokus berlari. Sesekali berhenti untuk berfoto atau ambil video sebagai kenang-kenangan tidak ada salahnya. 


Total Hadiah 145.500.000

Mangkunegaran Run In Solo menawarkan total hadiah yang menarik bagi peserta. Setiap kategori akan diambil tiga pemenang tercepat dari pelari laki-laki dan pelari perempuan. 


Selain itu, ada kategori master 40+ yang berlaku khusus untuk warga negara Indonesia saja. Yang berhak memenangkannya tentu saja mereka yang mampu finis dengan waktu tercepat. Diambil tiga pemenang saja baik itu dari sisi pelari laki-laki maupun perempuan. 


Jadi, siapkan dirimu untuk Mangkunegaran Run In Solo. Bisa saja nasib baik menantimu di sana. 


Itu tadi beberapa fakta menarik mengenai Mangkunegaran Run In Solo. Kira-kira apa kamu termasuk salah satu yang akan berpartisipasi pada Minggu nanti? 


Persiapkan fisik dan mental, ya. Semangat selalu. Semoga sukses. 



Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published