Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Mulawarman CC - Komunitas Pesepeda Para Tentara Asal Balikpapan

Mulawarman CC - Komunitas Pesepeda Para Tentara Asal Balikpapan

Gegap gempita olahraga bersepeda turut menjalar pada Komando Daerah Militer VI/Mulawarman yang bermarkas di Balikpapan, Kalimantan Timur. Komunitas yang beranggotakan para tentara tersebut dinamakan Mulawarman Cycling Club.

Komunitas ini mulai aktif kala pandemi covid-19 melanda dunia. Saat itu pembatasan kegiatan terjadi di mana-mana sehingga olahraga bersepeda menjadi satu-satunya pilihan yang ada. Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo yang sejak awal memang menyukai bersepeda, mencoba menularkan hobinya tersebut pada seluruh jajaran Kodam VI/Mulawarman.


Ajakan tersebut mendapat sambutan antusias dari anggota Kodam VI/Mulawarman. Mereka bersemangat sekali dengan kegiatan gowes menjelajah Balikpapan.

Mulawarman mulai rutin gowes setiap Jumat. Biasanya pada hari itu sebagian besar anggota dapat berpartisipasi. Rute gowes favorit dari Kodam VI/Mulawarman menuju Batalyon Infanteri Raider 600/Modang. Total jarak yang ditempuh sekitar 42 kilometer dari berangkat sampai kembali lagi ke markas.

"Kalau weekend atau hari biasa kadang ada kelompok yang latihan sendiri," ucap Ading Priyotantoko, salah satu anggota Mulawarman saat dihubungi SUB Jersey.

Semakin hari antusiasme bersepeda para anggota Mulawarman semakin meningkat. Meski kini tidak lagi pandemi, mereka tetap aktif gowes. Malahan rutin mengikuti berbagai event balap sepeda yang ada di Balikpapan dan sekitarnya. Termasuk berpartisipasi dalam Tour de IKN dalam rangka HUT Bhayangkara yang diadakan 24 Juni lalu. Ini merupakan balapan dengan rute sejauh 125 kilometer dari Balikpapan menuju Samarinda dengan menyusuri rute yang nantinya akan menjadi ibukota negara yang baru.

Hal tersebut membuat Mayjen TNI Tri Budi Utomo yang dulunya Komandan Pasukan Pengamanan Presiden mengusulkan agar Mulawarman punya jersey komunitas. Tentu supaya mereka terlihat semakin kompak saat gowes. Idenya itu langsung disetujui oleh anggota Mulawarman.

SUB Jersey dipercaya untuk membuatkan jersey berwarna merah menyala dengan tulisan MLW warna putih pada bagian dada kiri. Pemilihan warna tersebut ternyata tidak sembarangan. Ada makna khusus di dalamnya.

"Jika ingin diartikan, maka warna merah ini menunjukkan bahwa kami berani tampil. Secara kualitas memang bagus tidak kalah dengan produk luar negeri dan SUB Jersey dapat mengikuti desain yang kami inginkan," ujar Ading.

Jersey itu selalu dikenakan oleh Mulawarman saat gowes bersama. Sehingga membuat mereka cukup mudah dikenali di jalan karena warna jerseynya yang mencolok. Cocok dengan identitas mereka sebagai Tentara Nasional Indonesia.

Dalam rangka HUT Kodam VI/Mulawarman yang jatuh pada 18 Juli mendatang, rencananya akan digelar kejuaraan mountain bike di kawasan sekitar IKN. Mulawarman pastinya tidak akan ketinggalan. Mereka bakal ambil bagian dalam kejuaraan yang diadakan Agustus nanti.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published