Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Long Ride

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Long Ride

Musim hujan telah datang. Hampir seluruh wilayah Indonesia sudah diguyur hujan jelang pergantian bulan dari November ke Desember. Tentu ini jadi kabar baik usai panas tinggi yang melanda tanah air selama beberapa bulan terakhir.

 

Diberi hujan seolah menemukan oase di padang gurun. Pasti bikin banyak dari kita yang bersyukur atas kenikmatan ini.

 

Hanya saja hujan memberi makna berbeda bagi para pesepeda. Musim seperti ini selalu membuat banyak cyclist yang berpikir apakah akan terus melakukan olahraga yang satu ini. Atau malah memarkir sepedanya sejenak sampai cuaca kembali bersahabat sembari melakukan olahraga indoor.

 

Tetapi, tidak sedikit pula yang memutuskan untuk terus lanjut apapun musimnya. Apalagi jelang event terbaru yang digagas oleh mainsepeda, Journey to TGX pada Sabtu, 2 Desember 2023 mendatang. Di mana peserta akan diajak bersepeda jarak jauh sekitar 250 km dari Surabaya menuju Trenggalek.


Baca juga: 7 Tips Bersepeda Saat Musim Hujan Datang

 

Tercatat lebih dari 400 cyclist telah memastikan akan berpartisipasi dalam event tersebut. Bakal melintasi Jalur Lintas Selatan yang memiliki panorama indah berupa pantai dan perbukitan menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta.

 

Gowes pada Desember bakal memberi keuntungan bagi banyak cyclist. Cuaca bakal lebih bersahabat. Tidak lagi sepanas sebelumnya. Namun, hujan bakal menjadi bumbu tersendiri.

 

Untuk itu, persiapan yang matang bakal menjadi kunci sukses agar bisa finish strong. SUB Jersey telah merangkumnya untuk kamu, para cyclist tangguh, mengenai apa saja yang harus dipersiapkan sebelum long ride.

 

1. Pastikan Fisik Sedang Dalam Kondisi Prima

Ini penting sekali. Hukumnya fardhu ain. Memastikan fisik yang prima dan sehat jadi kunci utama untuk bertahan dengan berbagai tantangan yang mungkin datang saat gowes jarak jauh. Melakukan long ride bakal menguras banyak energi dan stamina.

 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan latihan tambahan selain bersepeda. Sangat dianjurkan untuk latihan kekuatan di gym atau bersama pelatih yang telah berpengalaman.

 

2. Nutrisi yang Memadai

Banyak yang mengabaikan soal nutrisi yang masuk ke tubuh. Padahal apa yang kamu konsumsi, sangat menentukan kesehatan tubuhmu. Karena olahraga saja tanpa menjaga asupan nutrisi itu percuma. Semua harus dilakukan seimbang. Bagaimana pun juga pada saat melakukan long ride, kamu membutuhkan tenaga yang besar.

 

Pastikan melakukan carbo loading sehari sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Tetapi batasi apa yang kamu makan. Jangan makan sesuatu yang menyebabkan kontraksi perut seperti masakan pedas.

 

Carbo loading ini sebaiknya dilakukan paling lambat sore hari. Upayakan tidak makan terlalu banyak saat larut malam. Bisa-bisa bukannya energi yang didapat, tetapi, kamu mengalami masalah perut. Tentunya kamu tidak menginginkan hal ini, bukan?

 

Lalu, pada pagi hari sebelum gowes, upayakan untuk tetap sarapan dengan porsi sesuai yang biasa dikonsumsi. Ingat, jangan coba makanan baru saat di pagi hari sebelum event. Sebelum gowes, kamu bisa mengonsumsi energy bar atau gel untuk memastikan kebutuhan tubuh terpenuhi.

 

3. Cek Ulang Kondisi Sepeda

Sepeda bakal jadi tumpuan utama kamu untuk sampai tujuan. Jadi harus benar-benar dipastikan sepeda dalam kondisi yang memadai untuk melakukan perjalanan jarak jauh ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai long ride.

 

Yaitu kondisi rem depan belakang berfungsi dengan baik. Setiap pesepeda pasti tahu persis seberapa pentingnya masalah rem ini. Kemudian, gunakan ban yang sesuai untuk long ride dengan minimum 700 cc dan lebar minimum 25 cm.

 

Pasang lampu depan dan belakang. Kamu tentu tidak berekspektasi bakal terus bersepeda saat terang, bukan? Untuk jarak jauh, bersepeda saat gelap tidak bisa dihindari. Makanya keberadaan lampu sangat penting bagi keselamatan diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain.

 

Bawa toolkit dan cadangan ban dalam. Jangan beranggapan kamu bisa menemukan bengkel di mana saja. Bisa jadi saat terjadi gangguan pada sepeda, kamu sedang berada di antah berantah yang jauh dari mana-mana. Makanya kamu harus membawa peralatan untuk dipakai sewaktu-waktu sembari terus berdoa semoga tidak ada kendala apapun hingga finis.

 

4. Perbekalan yang Cukup

Tidak ada salahnya membawa perbekalan yang cukup selama bersepeda jarak jauh. Memang kamu bisa menemukan banyak minimarket ataupun warung sepanjang bersepeda. Tetapi bisa juga tidak. Nah, dengan membawa perbekalan seperti air minum, protein bar, energy gel, maupun coklat, bisa sangat membantu kamu jika sewaktu-waktu tubuh terasa memerlukan asupan tambahan.

 

5. Bawa Jaket Anti Air

Bersepeda dipenghujung tahun membuatmu harus siap jika sewaktu-waktu turun hujan. Makanya kamu harus menambahkan barang ekstra dalam perbekalanmu. Terutama jaket anti air.

 

Mungkin kalau belum hujan, akan terasa percuma membawanya. Tetapi percayalah ketika hujan datang, jaket itu akan menyelamatkanmu dari kedinginan akibat hujan.

 

Jaket anti air bakal menahan hujan agar tidak menembus langsung ke badan. Selain itu, dengan memakainya membuat suhu tubuhmu tetap terjaga. SUB sangat merekomendasikan Waterproof Barrier Jacket.

 

Hadir dalam dua warna, pureed pumpkin dan mykonos blue. Memastikanmu terlihat tetap stylish meski kehujanan. Selain itu, warna terang juga membuatmu gampang terlihat meski hujan sedang lebat maupun berembun. Sehingga pengendara jalan yang lain bisa lebih awas dengan keberadaanmu.

SUB Waterproof Barrier Jacket

 


Nah, itulah lima hal yang sebaiknya kamu lakukan sebelum perjalanan panjang. Semoga kamu sudah punya gambaran tentang apa saja yang harus dipersiapkan, ya.

 

Semangat selalu!! Buktikan kamu mampu finish strong!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published