Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Dzaki Wardana: Punya 24 Jam Untuk Tuntaskan Bersepeda Sejauh 450 KM

Dzaki Wardana: Punya 24 Jam Untuk Tuntaskan Bersepeda Sejauh 450 KM

Dzaki Wardana terus memupuk asa. Meski lelah, ia tidak menyerah untuk menuntaskan quintuple ironman dalam ajang Sentul Ultra Triathlon yang sedang berlangsung dari 28 Agustus hingga 3 September mendatang.

 

Top five finisher Trans AM Bike Race 2023 itu memang luar biasa. Ia sampai dijuluki manusia super lantaran sering mengikuti ultra race.

 

Bayangkan saja di ajang ini Dzaki harus berenang sejauh 19 km, bersepeda 900 km, dan berlari 211 km. Itulah quintuple ironman. Di mana ia harus menyelesaikan tantangan lima kali lipat jaraknya dari ironman biasa.

 

Baca juga: Dzaki Wardana: Tuntaskan Renang 19 KM, Lanjut Bersepeda 900 KM


Usai melewati ujian pertama dengan berenang sejauh 19 km pada Senin (28/8) lalu, kini Dzaki masih terus berupaya menuntaskan tantangan kedua. Hingga Rabu (30/8) siang, ia sudah separuh jalan untuk bersepeda. Artinya pria asal Tangerang itu tinggal 450 km lagi untuk lolos ujian kedua.

 

"Saya punya 24 jam untuk menyelesaikan sisanya. Kita lihat bisa tercapai atau tidak," ujar Dzaki.

 

Cut off time (COT) bersepeda sendiri ialah 69 jam. Dalam 45 jam ia telah menyelesaikan jarak 450 km. Mau tak mau brand ambassador SUB Jersey itu harus ngoyo untuk mengejar sisanya. Dzaki berencana untuk tidak tidur demi bisa tuntas 450 km. Hanya saja cuaca panas di Sentul turut mempengaruhi performanya.

 

Baca juga: Dzaki Wardana: Tertantang Lampaui Batasan Diri Dengan Ikut Quintuple Ironman


Tidak mudah bagi pria berkacamata itu menghadapi quintuple ironman. Selama ini paling mentok Dzaki hanya ikut triple ironman saja. Ini menjadi pengalaman perdananya mengikuti perlombaan ekstrem tersebut.

 

Usai berenang, Dzaki mengakui badannya mulai tumbang. Tidak heran. Jarak yang harus diselesaikannya dalam berenang bukan main jauhnya. Yang membuatnya lebih payah ialah bertelanjang dada saat berenang dari pagi hingga sore. Ia hanya mengenakan celana renang saja. Akibatnya badannya terbakar matahari dan menyebabkannya kesakitan.

 

"Sebenarnya yang bikin badan penyok itu berenangnya kemarin. Dengan jarak 19 km dan pick training 7,4 km itu sangat sangat tidak masuk akal. Direnangnya kemarin hancur. Seumur-umur nggak pernah renang sejauh itu," jelas Dzaki.

 

Makanya untuk berenang Dzaki finis nyaris mendekati COT. Start pukul 06.00 WIB, Dzaki finish pada 15.20. Mepet COT pada 16.00 WIB. Batas waktu untuk menuntaskan renang ialah 10 jam.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published