Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Sabet Gelar Juara Sebagai Debutan SURGA 2023

Sabet Gelar Juara Sebagai Debutan SURGA 2023

Statusnya merupakan debutan Surabaya Urban Gravel Adventure (SURGA) 2023. Pengalamannya dalam dunia gravel juga belum seberapa. Baru setengah tahun terakhir ia menyukai bersepeda off road. Tetapi siapa sangka, Pradimtyo Mer Handipo mampu melesat menjadi juara pertama dalam event yang disebut lebarannya para cyclist gravel Indonesia itu.

 

Prestasi yang diperoleh pada Minggu, 5 November 2023, itu tentu jadi kejutan manis baginya. Niat awal hanya ingin merasakan sensasi siksaan SURGA yang sudah terkenal kejamnya. Eh, malah dapat bonus podium pertama dan mendapat hadiah frame sepeda dengan desain khusus event SURGA.

 

“Alhamdulillah. Nggak nyangka bisa juara,” ucapnya kala dihubungi SUB Jersey.

 

Cyclist yang berprofesi sebagai dokter itu menuturkan jika dirinya mengalami banyak kendala sepajang balapan sejauh 100 km ++ tersebut. Pada KM 40 misalnya. Saat itu ia bersama para peserta lain harus melintasi sawah yang baru saja diguyur hujan pada malam sebelumnya.

 

Bisa dibayangkan bagaimana licin dan berlumpurnya jalanan yang harus dilewatinya itu. Cyclist yang akrab disapa Tyo itu tidak bisa mengendarai sepedanya. Ia terpaksa nuntun sepeda Journey Titanium miliknya.

 

“Setiap lima langkah harus berhenti untuk bersihkan sepeda karena rodanya penuh lumpur. Jadi nggak bisa digerakkan. Begitu terus sampai sekitar 700 meter,” tuturnya.


Baca juga: SURGA 2023: Lebarannya Para Cyclist Gravel Indonesia


 

Tantangan itu akhirnya terlewati. Dalam keadaan penuh lumpur, Tyo kembali mengayuh sepedanya. Kebetulan ia melihat genangan air yang cukup dalam. Tanpa ragu ia melewatinya. Niat hati ingin sekalian membilas sisa-sisa lumpur yang masih menempel di ban sepeda.

 

Akan tetapi malah celaka yang didapatnya. Ban sepedanya selip hingga membuatnya terjatuh. Plus kabel rem belakangnya putus. Jadi mulai KM 45 hingga finis, ia hanya mengandalkan rem depan. Jelas saja itu bukan kondisi yang mudah untuk dilalui dengan berbagai tantangan medan yang disajikan panitia SURGA 2023.

 

Tak cukup sampai di situ, bagian operan gigi sepedanya juga kemasukan air. Akibatnya pada KM 70, gir sepedanya macet. Ia terpaksa harus memakai gir apa adanya sepanjang sisa race.

 

“Makanya waktu ketemu tanjakan terakhir di mall itu, saya mengira ‘waduh bagaimana ini’. Girnya berat. Saya coba pancal setengah jalan, tapi nggak kuat. Akhirnya saya dorong sampai finis,” ungkapnya.

 

Siksaan rute SURGA 2023 memang luar biasa. Sejak start hingga finish. Untuk bisa sampai di garis finis saja, peserta harus menanjak melewati parkiran mobil menuju rooftop mall City of Tomorrow, Surabaya.

 

Oleh karena itu, Tyo tidak menyangka sama sekali jika dirinya merupakan finisher pertama SURGA 2023. Ia finis pukul 10:26:37 WIB. Disusul Kent Graff pada 10:56:33 WIB dan Arifitra Yudha Prasetyo pada pukul 10:57:32 WIB.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published