Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

5 Manfaat Bersepeda Dalam Ruangan

5 Manfaat Bersepeda Dalam Ruangan

Bersepeda dalam ruangan menjadi pilihan menarik bagi sebagian cyclist selama Ramadan. Ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan tersebut. Bahkan hasilnya bisa dikatakan sepadan dengan bersepeda outdoor. 


Sehingga banyak cyclist yang kemudian beralih untuk bersepeda dalam ruangan selama puasa. Alasannya sederhana, yakni lebih praktis dan hemat waktu. Kondisi yang sangat cocok bagi cyclist muslim yang sedang berpuasa. 


Apakah kamu sudah tahu apa saja manfaat yang bisa dipetik dari bersepeda dalam ruangan selama puasa? Kalau belum, simak artikel berikut ini. SUB Jersey bakal menjelaskan secara detail apa saja keuntungan dari bersepeda dalam ruangan. 


Terhindar Dari Matahari

Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Namun, dalam kondisi sedang berpuasa, ada baiknya jika sedikit menghindari paparan sinar matahari. 


Dengan bersepeda dalam ruangan, kamu terhindar dari matahari yang memungkinkanmu terkena dehidrasi. Dengan demikian, tubuh tidak akan terlalu terganggu untuk tetap berpuasa full sepanjang hari. 


Pada dasarnya yang paling sulit untuk ditahan selama puasa ialah rasa haus. Nah, dengan menghindari paparan sinar matahari berlebih, akan membantumu untuk menjaga kebugaran tubuh. 


Baca juga: Tertarik Ikut Tren No Bidon Ride Saat Puasa? Ikuti Tips Berikut Ini


Persiapan Lebih Cepat

Dibandingkan dengan bersepeda outdoor, kegiatan bersepeda dalam ruangan punya waktu persiapan yang lebih cepat. Kamu tidak harus melakukan segelintir persiapan yang biasa kamu lakukan jika ingin bersepeda di jalan raya. Misalnya mengecek tekanan angin pada ban, kondisi rantai sepeda, membuat rute yang akan dilalui, dan lain sebagainya.


Jika sepeda statis atau bike trainer selalu disimpan di tempat yang sama, tentu kamu tinggal naik kapan saja dan mulai berlatih. 


Keamanan Lebih Terjaga

Bersepeda dalam ruangan jadi pilihan aman bagi kamu untuk terhindar dari hal-hal tak diinginkan selama di jalan. Entah itu tindakan kriminal, cuaca, kendala teknis sepeda, dan lain sebagainya. 


Kegiatan bersepeda dalam ruangan ini sangat cocok, terutama jika kamu sedang tidak punya kawan untuk bersepeda bersama di jalan. 


Latihan Tetap Seru Dengan Virtual Riding

Bagi kamu yang menggunakan bike trainer, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi virtual riding yang tersedia di berbagai platform. Aplikasi tersebut dapat membantumu merasakan keseruan bersepeda dengan berbagai rute layaknya di jalan raya yang sesungguhnya. 


Bahkan kamu juga bisa 'bersepeda bareng temanmu' meski secara virtual. Jadi pastinya latihan tetap seru walau dilakukan di rumah masing-masing.


Baca juga: Tips Bersepeda Aman Selama Puasa


Meningkatkan Kebugaran dan Stamina Tubuh

Bersepeda dalam ruangan terbukti memberi manfaat nyata. Jika dilakukan secara rutin dengan durasi minimal 30 menit, kegiatan ini akan memperkuat otot dan sendi pada tubuh. 


Dengan demikian, tubuh menjadi lebih fit sehingga tidak mudah lelah. Tentu manfaat inilah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh selama menjalani ibadah puasa. 


Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan bersepeda dalam ruangan. Apa kamu tertarik atau bahkan sudah sering melakukannya?


Olahraga apapun itu pasti akan memberi manfaat yang baik selama dilakukan dengan benar dan konsisten. Tidak ada hasil instan. Semua harus dilakukan dengan latihan. 


Oleh karena itu, jangan berputus asa. Semangat terus berolahraga selama puasa!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published