Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Tips Bersepeda Aman Selama Puasa

Tips Bersepeda Aman Selama Puasa

Puasa bukan halangan untuk berolahraga. Terlebih bagi kamu pecinta sepeda. Rasanya pasti gatal kalau sampai sehari saja tidak menggeluti aktivitas yang satu ini. 


Tidak usah khawatir bersepeda akan berpotensi mengganggu puasamu. Jika niat berpuasa sudah kuat, pastilah cobaan apapun dapat dilalui dengan baik. 


Agar kegiatan bersepeda ini tetap terasa menyenangkan dijalani ketika puasa, alangkah baiknya untuk mengikuti beberapa tips berikut ini. Hal tersebut agar selesai bersepeda, tubuh tetap kuat hingga waktu berbuka puasa. 


Baca juga: 8 Manfaat Olahraga Saat Puasa


Pilih Waktu yang Tepat

Ada dua pilihan waktu yang disarankan untuk bersepeda saat masih puasa. Dua waktu ini memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing. Berikut penjelasannya. 


Menjelang Berbuka Puasa

Banyak orang yang memanfaatkan waktu menjelang berbuka puasa dengan berolahraga, termasuk bersepeda. Istilah kerennya adalah ngabuburide, yaitu ngabuburit sambil bersepeda. 


Cuaca sore hari yang tidak panas sangat cocok dengan kondisi tubuh yang pastinya tidak lagi terlalu berenergi setelah lebih dari 10 jam berpuasa. Selama bersepeda, kamu juga bisa memanfaatkan dengan mampir membeli takjil untuk dibawa pulang ke rumah. 


Nah, begitu sampai rumah, waktu berbuka puasa pun tiba. Kamu bisa segera mengisi kembali tubuhmu dengan asupan makanan dan minuman lagi. Sehingga risiko dehidrasi dapat terminimalisir. 


Sebelum Sahur

Sahur on the bike dapat menjadi pilihan menarik untuk dilakukan selama bulan puasa. Tubuh masih cenderung fit, karena sudah terisi dengan nutrisi yang cukup. 


Sehingga bersepeda selama waktu tersebut cenderung aman dilakukan. Ditambah lagi kalau kamu punya kegiatan positif seperti bagi-bagi makanan sahur untuk mereka yang ada di jalan. Dijamin hal itu bakal membawa energi positif bagi kamu untuk menjalankan puasa seharian. 


Hanya saja memang tidak menyenangkan jika kegiatan bersepeda sebelum sahur dilakukan sendirian. Lebih baik jika mengajak teman sehingga paling tidak ada teman ngobrol selama di jalan. 


Baca juga: Olahraga Saat Puasa Bisa Bikin Haus? Simak Penjelasan Berikut Ini


Bersepeda Jarak Pendek

Sebaiknya jangan memaksakan bersepeda dengan jarak terlalu panjang ketika masih puasa. Bersepeda jarak pendek lebih disarankan. 


Hal tersebut agar olahraga yang dijalani tetap memberi manfaat dan tidak terlalu membebani tubuh. Toh tujuan akhir dari bersepeda adalah untuk menjaga kebugaran tubuh agar kuat selama menjalani ibadah puasa, bukan? 


Lakukan Dengan Intensitas Rendah 

Sebaiknya olahraga apapun ketika dijalani dalam kondisi puasa dilakukan dengan intensitas rendah hingga sedang. Terutama jika kamu masih level pemula. 


Supaya tubuh tetap mempertahankan performa dan bugar untuk beraktivitas seharian selama puasa. Jangan sampai over training yang bisa menimbulkan banyak masalah, di antaranya ialah dehidrasi. 


Baca juga: Inilah Waktu Terbaik Untuk Berolahraga Saat Puasa


Jangan Paksakan Diri

Selalu ingat tujuan olahraga adalah untuk menjaga kebugaran tubuh, serta menjaga hati dan pikiran tetap gembira selama puasa. 


Jangan pernah memaksakan diri untuk berolahraga keras dan berat pada bulan puasa ini. Tetap dengarkan reaksi tubuhmu. 


Kalau lelah maka istirahatlah. Segera menepi pada jalan yang aman dan atur nafas perlahan-lahan. Agar godaan untuk buka puasa lebih cepat tidak sampai dilakukan hingga waktu maghrib. 


Begitulah beberapa tips bersepeda yang bisa dilakukan selama bulan puasa. Bagaimana? Apa kamu sudah mencoba bersepeda kembali dalam kondisi puasa ini? 


Semangat selalu, ya. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim.   

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published