Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Inilah Waktu Terbaik Untuk Berolahraga Saat Puasa

Inilah Waktu Terbaik Untuk Berolahraga Saat Puasa

Banyak orang yang masih ragu apakah aman melakukan olahraga saat puasa. Jawabannya adalah aman. Terlebih jika olahraga sudah menjadi rutinitas sehari-hari.


Alih-alih bisa membuat tubuh lemas, olahraga terbukti mendatangkan sejumlah manfaat bagi tubuh. Salah satunya meningkatkan imunitas dan kebugaran tubuh selama puasa. 


Menurut dr Fadzil Hamzah dari Department of Sport and Exercise Medicine, Changi General Hospital, olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang pada umumnya aman untuk dilakukan. Tetapi, olahraga dengan intensitas dan volume tinggi, terutama saat puasa, dapat menurunkan tingkat kekebalan tubuh sehingga tidak disarankan. 


Sebelum memulai olahraga saat puasa, pastikan kamu memiliki status kesehatan yang baik dan tidak ada kondisi medis kronis seperti diabetes, penyakit jantung, serta hipertensi. Khusus untuk perempuan yang sedang hamil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 


Baca juga: Olahraga Saat Puasa, Boleh atau Tidak, Sih?


Paling aman memang jika sebelumnya kamu sudah rutin berolahraga. Sehingga tubuh tidak terlalu kaget dengan adanya aktivitas berat saat puasa. 


Pertanyaannya adalah kapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga saat sedang berpuasa? Ternyata ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan ketika memilih waktu untuk berolahraga. 


Pagi Setelah Matahari Terbit

Keuntungan: kamu mungkin memiliki energi lebih banyak setelah makan sahur. Tubuh juga masih dalam kondisi fit di pagi hari. 


Kerugian: kamu berisiko mengalami dehidrasi karena tidak ada kesempatan untuk mengisi cairan tubuh yang hilang efek dari berolahraga. Kamu harus menunggu sampai waktu berbuka puasa tiba dan itu masih berjam-jam lamanya. 


Baca juga: Wajib Diketahui! Ini 5 Mitos dan Fakta Soal Olahraga Lari


Sore Sebelum Berbuka Puasa

Keuntungan: tentunya kamu punya kesempatan lebih cepat untuk melakukan pemulihan dan hidrasi karena berdekatan dengan waktu buka puasa. 


Kekurangan: dukungan nutrisi sebelum latihan yang minimal, sebab, sudah dipakai untuk beraktivitas seharian. Jadi mungkin saja sisa energi untuk berolahraga tidak terlalu banyak. 


Malam Setelah Buka Puasa

Keuntungan: ini waktu yang ideal bagi banyak orang untuk olahraga. Alasannya tentu karena sudah punya kesempatan mengisi ulang bahan bakar tubuh dengan makanan dan minuman. 


Lalu ketika sedang olahraga, kamu juga sangat bisa untuk kembali makan dan minum karena sudah di luar waktu berpuasa. 


Kerugian: kamu harus mengatur antara olahraga, sholat tarawih, dan istirahat. Hindari berolahraga satu hingga dua jam sebelum tidur agar adrenalin mereda demi kualitas tidur yang lebih baik. 


Apapun pilihan waktunya, tetap dengarkan tubuhmu saat mencoba olahraga ketika sedang berpuasa. Jangan memaksakan diri. Yang ada bukan manfaat yang didapat, tetapi malah sakit yang berakibat tidak bisa puasa. Sangat rugi, bukan?


Selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published