Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Jangan Sembarangan, Inilah Aktivitas Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa

Jangan Sembarangan, Inilah Aktivitas Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa

Tetap aktif berolahraga selama bulan puasa sangat disarankan untuk menjaga kebugaran tubuh. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan olahraga. 


Namun, jumlah dan intensitas olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa sangat bergantung pada tingkat aktivitas individu sebelum Ramadhan. Hal tersebut diungkap oleh dr Fadzil Hamzah dari Department Sport and Exercise Medicine, Changi General Hospital. 


Jika sebelum bulan puasa kamu sudah terbiasa berolahraga, maka tidak akan terlalu berat untuk tetap melakukannya ketika puasa. Tentunya dengan beberapa penyesuaian seperti waktu menjelang atau bahkan setelah berbuka puasa.  


Tetapi kalau kamu tidak banyak bergerak dan aktif secara fisik sebelumnya, maka ada beberapa anjuran yang bisa kamu lakukan selama puasa. Tidak perlu khawatir, karena ini saran dari dr Fadzil ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. 


Baca juga: Inilah Waktu Terbaik Untuk Berolahraga Saat Puasa


Start Low, Go Slow

Kamu mungkin sering mendengar istilah ini ketika hendak mulai berolahraga. Ya, mulailah berolahraga dengan intensitas yang paling rendah dulu. Supaya badan tidak kaget dan punya waktu untuk beradaptasi. 


Usahakan Tetap Aktif Secara Fisik Setiap Hari

Saat berpuasa bukan berarti kamu boleh malas-malasan sepanjang hari. Hal tersebut malah bisa bikin kamu semakin lemas dan tidak bersemangat menjalani hari. 


Upayakan untuk selalu aktif secara fisik. Misalnya saja memilih berjalan kaki daripada berkendara untuk pergi ke pasar membeli takjil. Berjalan kaki kemana-mana adalah pilihan tepat untuk memperbanyak jumlah langkah harian. Kecuali, kalau kamu adalah seorang pekerja yang sehari-hari sibuk di depan komputer. 


Baca juga: Olahraga Saat Puasa, Boleh atau Tidak, Sih?


Gunakan Tangga, Bukan Lift

Ini bisa jadi olahraga ringan bagi sebagian besar karyawan di perusahaan. Naik beberapa puluh anak tangga dapat membantu tubuh tetap aktif dan segar. 


Berbeda ceritanya kalau kamu sudah biasa aktif secara fisik dan rutin berolahraga. Maka yang harus kamu lakukan ialah:


Melanjutkan Tingkat Aktivitas

Jangan mandek hanya karena puasa. Lanjutkan untuk tetap aktif beraktivitas. Tidak disarankan untuk menambah frekuensi, intensitas, dan durasi olahraga saat masih berpuasa. 


Jangan Memaksa Tubuh

Tujuan olahraga ialah untuk memelihara kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun, ketika berpuasa sebaiknya kamu tidak memaksa tubuh untuk melakukan olahraga berat. 


Contohnya kalau kamu seorang runner yang sebelum puasa hobi membuat personal record. Maka, sebaiknya hal tersebut jangan dipaksakan untuk dilanjutkan ketika sedang berpuasa. Bisa-bisa kamu malah ambruk. 


Selalu dengarkan tubuhmu dan lakukanlah olahraga sesuai kebutuhan. Biar makin aktif dan tidak malas-malasan, kamu bisa banget menambah koleksi outfit olahraga dari  SUB Jersey. Warna-warni ceria dan model yang kekinian. Tidak percaya? Buktikan saja di sini.


Semangat puasa bagi seluruh umat muslim yang menjalankan. 



Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published