Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Olahraga Saat Puasa, Boleh atau Tidak, Sih?

Olahraga Saat Puasa, Boleh atau Tidak, Sih?

Puasa memang menahan lapar dan dahaga. Tetapi itu bukan halangan bagi kamu untuk tetap aktif berolahraga. Supaya kebugaran tubuh tetap terjaga selama bulan puasa. 

 

Hingga saat ini masih banyak yang bertanya-tanya apakah boleh berolahraga saat puasa. Bisa dipahami bahwa olahraga merupakan aktivitas yang cukup menguras energi sehingga banyak yang meragu untuk tetap melakukannya pada momen Ramadhan. 

 

Faktanya olahraga dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Justru olahraga saat puasa dapat membantu tubuh tetap bugar. Asalkan dilakukan dengan memperhatikan waktu yang tepat dan pemilihan jenis olahraganya.

 

Pada umumnya berpuasa di Indonesia memerlukan waktu sekitar 13 jam. Dari sejak sahur sampai berbuka puasa dikala maghrib. Seorang muslim harus menahan lapar dan haus selama itu. 

 

Kendati demikian, olahraga tetap dapat dijalankan dengan beberapa persyaratan. Berikut tips yang harus diperhatikan untuk kamu yang ingin tetap aktif olahraga selama puasa.

 

Pilih Waktu yang Tepat

Penting untuk memilih waktu yang pas untuk berolahraga saat puasa. Memang waktu yang terasa ideal untuk olahraga ialah pagi setelah sahur. Tubuh masih penuh energi.

 

Namun sayangnya jika dilakukan pada pagi setelah sahur, kamu otomatis tidak akan bisa mengganti cairan tubuh dan energi yang hilang karena sedang puasa. 

 

Oleh karena itu, cobalah untuk berolahraga ketika suhu tidak terlalu panas. Misalnya menjelang waktu berbuka atau setelah berbuka, bahkan sebelum sahur. Ini membantu mencegah dehidrasi dan kelelahan. 

 

Paling nyaman tentu dilakukan setelah berbuka, jadi tubuh dalam kondisi lebih fit dan berenergi karena sudah ada asupan makanan maupun minuman yang masuk. 

Baca juga: 8 Cara Ini Bisa Bikin Kegiatan Lari Lebih Menyenangkan

 

Sesuaikan Intensitas

Mengurangi intensitas dan durasi latihan selama berpuasa bisa jadi pilihan baik. Pilih jenis olahraga yang ringan hingga sedang supaya tidak membebani tubuh.


Jenis olahraga yang tidak terlalu membutuhkan banyak energi seperti berjalan kaki, yoga, atau latihan kekuatan ringan lebih disarankan. Sebab, olahraga ini lebih aman bagi tubuh yang sedang berpuasa. 


Kecuali kamu memang sudah aktif olahraga dengan intensitas tinggi sehari-hari. Maka kamu dapat menyesuaikannya.


Dengarkan Tubuh

Lihat bagaimana tubuhmu merespons saat olahraga. Segera hentikan aktivitas kalau kamu merasa lelah atau pusing bahkan terkesan akan pingsan. 


Jangan terlalu memforsir tubuh. Bukannya sehat yang didapat, malah bisa jadi sebaiknya. Tentu kamu tidak ingin mendapat efek negatif yang bisa mempengaruhi puasamu, bukan?


Selain itu, beri tubuh waktu istirahat yang cukup. Ini penting sekali untuk menjaga badan tetap seimbang demi bisa mewujudkan olahraga saat puasa. 


Baca juga: Makin Populer! Pengertian Lari Estafet, Jenis, dan Hal-Hal Terkait Estafet


Perhatikan Asupan Nutrisi

Penting untuk memilih makanan bergizi seimbang saat berbuka puasa. Hal ini guna untuk mendukung pemulihan otot dan energi setelah berolahraga. 


Sangat dipahami kondisi puasa memang bikin cepat lapar mata. Seolah-olah ingin makan semua hal yang dijajakan di jalan, resto, atau mall. Tetapi sebaiknya hal itu harus dibatasi.


Lebih penting memberi tubuh asupan nutrisi yang baik dan seimbang dibanding memberi tubuh makanan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan nilai gizinya. 


Selain itu, pastikan juga untuk minum air yang cukup saat berbuka puasa dan sahur. Minum harus dijadikan prioritas terlebih dulu karena itulah yang dibutuhkan oleh tubuh pertama kali ketika berbuka puasa. 


Baca juga: Wajib Diketahui! Ini 5 Mitos dan Fakta Soal Olahraga Lari

 

Konsultasi Dengan Ahli Gizi atau Dokter

Kalau kamu punya kondisi kesehatan tertentu dan merasa ragu untuk olahraga saat puasa, ada baiknya berkonsultas pada ahli gizi ataupun dokter. Kamu akan mendapat saran yang lebih spesifik terkait hal itu. 

 

Apapun itu, ingatlah untuk selalu mendengarkan tubuh dan tidak memaksakan diri saat berolahraga selama puasa. Keselamatan dan kesehatan tetap jadi prioritas utama. 

 

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim. 

 

2 comments

  • Nur Oktafiani -

    wah artikelnya sangat bagus! jadi saya tetap bisa melakukan olahraga meskipun sedang berpuasa. terimakasih

  • della -

    banyak stereotip masyarakat yang masih berpikiran saat puasa tidak usah olahraga. Artikel ini menarik, memberikan pengetahuan baru.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published