Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Aspala: Komunitas ASN Pemkab Jombang yang Hobi Naik Gunung

Aspala: Komunitas ASN Pemkab Jombang yang Hobi Naik Gunung

Komunitas yang satu ini suka sekali dengan tantangan. Hobi mereka berkaitan dengan alam dan pegunungan. Mereka menamakan diri sebagai Aspala alias ASN (Aparatur Sipil Negara) Pecinta Alam. 


Seperti namanya, anggotanya mayoritas bekerja sebagai ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang. Terbentuk pada 29 Mei 2021, Aspala diprakarsai oleh Andy Kusuma dan Nur Evva Maylia. Mereka inilah yang berjasa melahirkan Aspala hingga memiliki 45 anggota saat ini. 

 


Kala itu mereka yang kebetulan merupakan teman sekantor punya ide untuk melakukan pendakian ke Gunung Penanggungan. Andy dan Evva mengajak beberapa teman lain dan disambut dengan baik. Bisa dikatakan itu jadi event pertama yang dibikin Aspala. 


“Dalam perkembangannya, anggota Aspala tidak dibatasi dari kalangan PNS saja. Asalkan mempunyai hobi yang sama, siapapun bisa bergabung dalam Aspala,” jelas Andy saat dihubungi SUB Jersey. 


Baca juga: Satu Dekade, Bangers Jombang Rayakan Dengan Ngabuburide


Agar tidak mengganggu kesibukan kerja, Aspala biasanya rutin latihan ataupun melakukan pendakian pada akhir pekan. Setiap Sabtu pagi, mereka berkumpul buat latihan fisik. Sementara pada Minggu pagi, Andy dkk bakal latihan lari. Semua demi memperkuat fisik dan mempertahankan kebugaran tubuh untuk siap naik gunung. 

 


Rata-rata Aspala akan naik gunung setiap tiga bulan sekali. Sampai saat ini sudah banyak gunung yang berhasil didaki oleh para ASN Pemkab Jombang tersebut. Di antaranya Gunung Pundak, Puthuk Siwur, Puthuk Gragak, Gunung Bekel, Gunung Anjasmoro, Gunung Lawu, hingga Gunung Merbabu. 


“Untuk 2024 ini Aspala merencanakan kegiatan yang dinamai Explore Jateng. Yaitu mendaki gunung di wilayah Jawa Tengah,” kata Andy yang merupakan koordinator Aspala. 


Baca juga: BRCC Bikin Launching Jersey Rasa Kompetisi


Selain naik gunung, member Aspala termasuk aktif mengikuti event-event olahraga seperti marathon dan trail run. Bahkan tiga membernya telah terdaftar sebagai anggota ITRA (International Trail Run Association). 

 

 

Beberapa event yang pernah mereka coba ialah Mesastilla 100, Mantra 116, Siksorogo Lawu Ultra, Kediri Half Marathon, Borobudur Marathon, dan masih banyak lagi. 


Untuk mengakrabkan para member, Aspala akan mengadakan jogging santai pada hari Minggu dengan tema KulineRun. Jadi setelah lari, mereka bakal eksplor makanan bersama-sama. Sedangkan pada bulan Ramadhan 2024 ini, Aspala juga mengadakan kegiatan NgabubuRun. 


Sejak terbentuk sampai sekarang, Aspala merupakan komunitas yang kompak. Terbukti tiap naik gunung, mereka bakal memakai outfit yang sama. Pada awal tahun ini, mereka baru saja custom jersey running di SUB Jersey. 


Jersey tersebut memiliki warna dasar oranye dengan campuran sedikit kuning, serta warna ungu pada bagian bahu kiri. Kemudian diberi sedikit sentuhan warna putih pada bagian bawah kanan serta lengan kirinya.  


“Kombinasi warna ungu, oranye, dan kuning melambangkan semangat dan energi sehingga diharapkan masing-masing anggota lebih bersemangat dan berenergi dalam mengikuti berbagai kegiatan yang telah direncanakan,” tutur Andy. 


Aspala telah mempercayakan custom jerseynya kepada SUB sejak 2023. Kualitas jersey sudah tidak diragukan lagi. Terlebih dari sisi kenyamanan. SUB memiliki keunggulan bahan cepat menyerap dan menguapkan keringat. Jadi sangat cocok untuk Aspala yang sangat aktif melakukan pendakian. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published