Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Bangers: Pelopor Munculnya Road Bike di Jombang

Bangers: Pelopor Munculnya Road Bike di Jombang

Selalu ada yang pertama dalam segalanya. Termasuk Bangers salah satunya. Komunitas ini menjadi pelopor munculnya grup road bike di Kabupaten Jombang sejak 2012 silam.

 

Bermula dari bosan bersepeda MtB, para founder Bangers yakni Ronny, Cipto, dan Tonce iseng membeli road bike. Mereka ingin memakai sepeda yang lebih ringan untuk aktivitas sehari-hari. Namun, siapa sangka tindakan itu akhirnya menginspirasi banyak cyclist Jombang untuk mencoba beralih road bike.

 

Dari sedikit, lama kelamaan anggota Bangers bertambah. Puncaknya saat pandemi covid-19 lalu. Jumlah anggotanya mencapai 120an orang. Hanya saja begitu pandemi berakhir, jumlahnya langsung merosot menjadi separuhnya.

 

Bangers: Pelopor Munculnya Road Bike di Jombang


Baca juga: Papi Touring CC: Dipertemukan Berkat Hobi Touring

 

Dari keisengan itu, tak dinyana Bangers mampu bertahan hingga satu dekade lamanya. Februari 2024 mendatang, komunitas ini bakal merayakan hari jadinya yang kesepuluh. Ini akan menjadi perayaan meriah bagi komunitas tertua di Jombang tersebut.

 

“Dulu kami selalu memperingati anniversary Bangers setiap Imlek. Hanya saja karena selalu maju mundur, akhirnya kami sepakat kalau hari jadi Bangers itu awal Februari,” ucap Alfa Mahesa, salah satu pentolan Bangers.

 

Bangers: Pelopor Munculnya Road Bike di Jombang

 

Biasanya pada hari itu, mereka akan sekaligus merilis jersey terbaru komunitas. Untuk jersey edisi kesepuluh tersebut, Bangers masih akan tetap setia pada SUB Jersey. Sudah dua tahun berturut-turut, komunitas ini mempercayakan customnya pada SUB dan selalu puas dengan kualitasnya.

 

“Selain itu, kami juga akan mengadakan anniversary ride. Rutenya tergantung kesepakatan para member. Tidak selalu sama setiap tahunnya,” ujar Mahesa.


Baca juga: Komunitas Lari Bangkalan: Dulu Tak Suka, Kini Jatuh Cinta

 

Kendati menjadi pionir lahirnya road bike, Mahesa menuturkan, hingga saat ini sulit untuk memiliki member cyclist perempuan. Rata-rata cyclist di Jombang didominasi laki-laki. Masih susah untuk mengajak para perempuan mencintai aktivitas bersepeda. Kalaupun ada hanya satu atau dua orang saja. Itupun tidak selalu aktif ikut gowes.

 

Bangers: Pelopor Munculnya Road Bike di Jombang

 

Setiap bulan, Bangers punya official ride. Ini adalah momen di mana kebanyakan cyclistnya bisa berkumpul. MOX Photography di Jalan A. Yani, Jombang, menjadi titik kumpulnya. Mereka akan start gowes pukul 05.20 WIB.

 

Rute favoritnya Bangers biasanya ke Ngoro atau Pucangro. Mereka sering ngeloop di sana. Paling tidak gowes 45 km sebelum kembali ke rumah masing-masing.

 

Dua kali dalam setahun, Bangers selalu mengadakan long ride. Antara Mei hingga Juli mereka suka melawat ke Bromo, kemudian setiap November mereka gowes ke Sarangan. Paling tidak jarak yang mereka tempuh antara 100 hingga 130 km sekali jalan.

 

Bangers: Pelopor Munculnya Road Bike di Jombang

 

Yang paling ekstrem adalah gowes Ring Arjuno. Tetapi tidak semua member Bangers mau ikutan, sebab, jaraknya yang sangat jauh hingga 300 km. Di mana mereka akan start dari Jombang menuju Kediri, lalu Tulungagung, Blitar, Kepanjen, Gempol, Mojokerto, dan kembali lagi ke Jombang. Kegiatan itu biasanya dilakukan dalam sehari.

 

Tertarik bergabung dengan Bangers? Langsung saja temui mereka di MOX Photography. Mereka selalu standby di sana sebelum gowes bareng-bareng. Bangers selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi bagian dari komunitas tersebut. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published