Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Tur Yogayakarta-Jombang 258 KM, Ajang Pemanasan Tiga Cyclist WCC Sebelum Long Ride ke Bali

Tur Yogayakarta-Jombang 258 KM, Ajang Pemanasan Tiga Cyclist WCC Sebelum Long Ride ke Bali

Sebutan wanita tangguh layak disematkan pada Erma Wheny, Yoana, dan Evarista. Ketiga cyclist asal Women Cycling Club Yogyakarta itu sukses melakukan tur antar provinsi dari Yogyakarta sampai Jombang. Tidak tanggung-tanggung, mereka menempuh jarak sejauh 258 km dengan bersepeda.

 

Bukan main kuatnya tiga cyclist berhijab itu. Ketika yang lain-lain memilih liburan bersama keluarga, mereka malah memutuskan untuk gowes antar kota pada Sabtu, 23 Desember lalu.

 

Berangkat pukul 06.00 WIB dari Kota Gudeg, Wheny cs masuk Kabupaten Jombang sekitar pukul 19.00 WIB. Lebih lambat dua jam dari waktu finis yang direncanakan.

 

"Di Ngawi panas banget suhunya 39 derajat celcius. Akhirnya kami memutuskan istirahat agak lama sambil nunggu agak teduh," cerita Wheny saat dihubungi SUB Jersey. 

 

Baca juga: Bangers: Pelopor Munculnya Road Bike di Jombang

 

Saat itu, mereka memasuki Ngawi pukul 12.28 WIB. Tepat ketika matahari sedang bersinar terik. Wheny dkk baru melanjutkan perjalanan pukul 14.00 WIB. Hambatan itulah yang akhirnya membuat mereka tiba di Jombang kala hari sudah gelap. 

 

Capek sudah pasti dirasakan mereka. Tetapi Wheny, Yoana, maupun Evarista luar biasa senang karena sanggup menuntaskan perjalanan itu tanpa kendala berarti.

 

Tur Yogayakarta-Jombang 258 KM, Ajang Pemanasan Tiga Cyclist WCC Sebelum Long Ride ke Bali

 

Bukan tanpa alasan ketiga wanita ini berani gowes jarak jauh melintasi tiga provinsi sekaligus. Wheny menuturkan kegiatan ini jadi ajang pemanasan sebelum WCC Yogyakarta gowes ke Bali yang jaraknya mencapai 700 km.

 

"Tapi itu 'kan tidak mudah. Harus latihan dulu. Makanya kami coba etape pertama sampai Jombang dulu. Kami ingin lihat gimana respon tubuh. Alhamdulillah, ternyata oke," tutur Wheny. 

 

Baca juga: Papi Touring CC: Dipertemukan Berkat Hobi Touring

 

Wakil Ketua WCC Yogyakarta itu mengungkapkan jika komunitasnya terdiri dari berbagai karakter cyclist. Ada yang suka gowes dalam kota, ada yang hobi bikin konten, dan ada pula yang gemar bersepeda jarak jauh seperti Wheny, Yoana dan Evarista. Karena itulah yang ikut tur Yogyakarta-Jombang kali ini tidak terlalu banyak. Hanya mereka yang memang sanggup saja.

 

Tur Yogayakarta-Jombang 258 KM, Ajang Pemanasan Tiga Cyclist WCC Sebelum Long Ride ke Bali

 

Agar perjalanan lancar, Wheny bersama teman-temannya sudah melakukan persiapan seminggu sebelum. Mereka mengatur pola makan, memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi, pun demikian dengan pola istirahatnya. Jadi ketika gowes kemarin dalam keadaan fit seratus persen.

Dalam long ride perdana itu, para cyclist WCC Yogyakarta itu tidak benar-benar sendiri. Mereka didampingi empat orang WCC bro yang bertugas mengawal dan menjaga keselamatan semua orang.

 

Setelah sampai di Jombang, jangan dibayangkan mereka langsung leyeh-leyeh dan kemudian kembali ke daerah asal. Tidak. Para perempuan tangguh itu masih melakukan recovery ride bersama komunitas Bangers dan BRC.

 

“Sebenarnya saya iseng DM Instagram menanyakan ada ide recovery kemana. Nggak disangka ternyata sambutannya luar biasa. Seru banget, kayak gobar (gowes bareng) jadinya,” kata Wheny senang.

 

Tur Yogayakarta-Jombang 258 KM, Ajang Pemanasan Tiga Cyclist WCC Sebelum Long Ride ke Bali

 

Start dari Hotel Fatma pukul 05.20 WIB, mereka gowes ramai-ramai ke Kediri. Cyclist WCC Yogyakarta ini penasaran dengan Monumen Simpang Lima Gumul yang ikonik dan sering muncul dalam event-event mainsepeda.

 

Karena beramai-ramai, lelah yang sempat dirasakan pun seolah sirna. Wheny, Yoana, dan Evarista sangat semangat gowes recovery sejauh 95 km itu. Padahal sehari sebelumnya mereka baru saja mancal 258 km.

 

Bahkan mereka kompak mengaku tidak kapok. Malahan ke depannya mereka berencana gowes lebih jauh lagi dalam masa persiapan sebelum ke Bali. 






Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published