Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Hindari Finis Buncit, Priscillia Gunawan Melejit Jadi Top Finisher

Hindari Finis Buncit, Priscillia Gunawan Melejit Jadi Top Finisher

Target Priscillia Gunawan setiap kali mendaftar triathlon sebenarnya sederhana saja. Jangan sampai jadi juru kunci alias finisher terakhir pada kategori yang diikutinya. 


Tetapi siapa sangka, keberuntungan sedang berpihak padanya. Mantan atlet selam nasional itu malah melejit menjadi juara enduro Bintan Triathlon 2024 yang diadakan Sabtu, 1 Juni kemarin. 


Hasil ini jauh melampaui target yang dipatoknya. Bahkan membuat dirinya sendiri kaget. Tidak menyangka bisa menjadi finisher pertama lomba yang mempertandingkan renang 1,5 km, bersepeda 80 km, dan lari 20 km tersebut. 


"Dari awal nggak ada target apa-apa. Latihan lari nggak pernah blas. Latihan renang cuma asal. Sepedaan jarang-jarang. Bisa PB (personal best, red) saja sampai kaget," ungkapnya saat dihubungi SUB Jersey. 


Baca juga: Marisa Oetomo Sukses Amankan Slot Ironman 70.3 World Championship 2024


Priscil memang sangat unik. Ia sangat suka dengan tantangan. Makanya begitu pensiun dari dunia selam, ia mencoba beralih bersepeda. Kemudian iseng ikut triathlon yang mempertandingkan tiga cabang olahraga sekaligus. 


Padahal dirinya mengaku sangat lemah soal lari. Itu menjadi olahraga yang tidak disukainya. Bahkan saat ikut Ironman di Da Nang, Vietnam, tahun lalu, Priscil hanya berjalan full selama 20 km karena tidak sanggup lari. 


Tetapi, bukan berarti hal itu membuatnya kapok. Malahan Priscil semakin ingin mencoba lagi. Dengan persiapan lari yang sangat minim, ia tetap berangkat ke Bintan. 


Perempuan asal Surabaya itu mengenakan trisuit custom dari SUB pada hari perlombaan tersebut. Segalanya berlangsung mulus pada awalnya. Soal renang bisa diselesaikannya dengan baik. Begitupula ketika segmen sepeda. 


Baca juga: Finis Peringkat Dua Bromo KOM X Women 30-34, Novia Fabiola Sukses Capai Target Pribadi


Menggenggam titel sebagai Queen of Mountain Trilogi Jawa Timur 2023, Priscil mampu melewati rute rolling yang memiliki elevasi mencapai 800 m. Hujan deras yang sempat turun tidak menghalangi langkahnya. Semua itu diterobos demi impian sederhana agar tidak menjadi finisher terakhir.


"Sampai pas lari, jalanan becek dan genangan air dimana-mana. Sepatu sampai basah karena banyak genangan  air. Sedih," ucapnya. 


Mengaku tidak pernah latihan lari, Priscil cukup kaget ia mampu berlari sampai garis finis. Bahkan dengan kecepatan mencapai 6:28 per km. 


"Seumur-umur belum pernah pace segitu. Pencapaian terbaik untuk saya yang nggak suka lari," akunya. 


Dengan itulah ia pun melesat menjadi juara pertama Bintan Triathlon 2024. Sebuah prestasi yang tidak disangka-sangka akan diperolehnya. "Puas tapi masih harus banyak belajar lagi," tegasnya. 


Selamat Priscil. Ditunggu prestasi selanjutnya!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published