Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Lakukan Hal Ini Setelah Ikut Marathon

Lakukan Hal Ini Setelah Ikut Marathon

Bicara soal lari emang tidak ada habisnya. Selalu ada saja topik menarik mengenai cabang olahraga atletik yang satu ini. Apalagi sekarang lari menjadi tren gaya hidup sehat yang sedang digandrungi masyarakat saat ini.

 

Dengan merebaknya event lari di berbagai daerah di Indonesia, pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh runners pastilah tentang persiapan yang harus dilakukan sebelum race. Baik itu dari segi latihan, nutrisi, hingga pola istirahat.

 

Seringkali karena terlalu fokus dengan itu, para runners menjadi abai dengan beberapa hal yang harus dilakukan setelah race lari. Hal-hal ini tidak kalah pentingnya dari persiapan, karena terkait dengan recovery tubuh.

 

Chaidir Akbar, runners yang telah berpengalaman mengikut berbagai event marathon, mengungkapkan setidaknya ada lima hal penting yang wajib dilakukan usai ikut lomba lari. Terutama jika ikut kategori half marathon maupun full marathon yang memberi tekanan besar bagi tubuh.

 

Penasaran apa saja yang harus runners lakukan setelah lomba lari? Jangan khawatir. Berikut SUB Jersey telah merangkumnya untuk kamu.

 

Jogging Setelah Race

Alismu mungkin akan naik atau berkerut setelah membaca poin pertama ini. Bisa dimaklumi. Bagaimana pun untuk menuntaskan race dengan jarak super panjang bukanlah hal mudah. Lalu masih harus tambah jogging setelah melewati finish line, tentu bukan perkara gampang.

 

Pastinya energimu sudah nyaris terserap habis lantaran dipakai lari jarak 21 km bahkan 42 km. Yang kamu inginkan pastinya segera istirahat. Akan tetapi, jogging after race ternyata punya manfaat yang baik, lho.

 

“Supaya kakinya bisa recovery lebih cepat,” kata Coach Idir, sapaan akrabnya.

 

Jadi kalau bisa, sempatkan untuk jogging sebentar sebelum benar-benar istirahat, ya.

 

Baca juga: Mau Ikut Event Lari? Ini Hal yang Harus Kamu Perhatikan


Segera Istirahat dan Mengisi Tubuh Dengan Asupan Makanan Minuman

Ini penting sekali untuk dilakukan. Jika tidak sempat jogging setelah race, maka sebaiknya kamu segera istirahat usai mengambil medali finisher.

 

Biasanya penyelenggara akan menyediakan makanan maupun minuman di tenda khusus. Kamu bisa memanfaatkannya dengan mengambil beberapa makanan dan minuman untuk mengisi kekosongan dalam tubuh usai lari jarak jauh.

 

“Isi lagi glikogen tubuh dengan karbohidrat,” ujar Coach Idir.

 

Upayakan Untuk Makan 4 Sehat 5 Sempurna

Jangan mengabaikan hal ini. Upayakan untuk makan dengan gizi seimbang paling lambat sekitar satu jam setelah perlombaan. Setelah kalori terbakar banyak, pastinya tubuh perlu asupan yang besar untuk memulihkan diri.

 

“Tujuannya supaya kita bisa recovery lebih cepat dan menghindari cedera,” tutur runners yang juga hobi bersepeda itu.

 

Kamu bisa memilih menu apa saja yang kamu sukai. Apalagi kalau kamu sempat puasa makan beberapa masakan sebelum race, nah, kamu bisa membalasnya usai perlombaan. Pasti akan terasa lebih nikmat setelah perjuangan panjang untuk menuntaskan seluruh tantangan.


Baca juga: Pelari Pemula Ingin Ikut Marathon? Bisa!! Berikut Caranya

 

Manfaatkan Fisioterapis di Area Refreshment

Biasanya selalu ada fisioterapis yang disediakan oleh penyelenggara event lari. Letaknya tidak jauh dari area refreshment. Kamu bisa mengenalinya dengan jajaran kasur lipat serta beberapa fisioterapi yang sudah standby.

 

Tidak perlu khawatir. Fasilitas ini gratis dan bisa dimanfaatkan oleh semua runners. Sang terapis akan membantumu untuk stretching otot-otot yang tegang usai lari panjang. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari cedera.

 

Istirahat Beberapa Hari Setelah Lomba Lari

Sangat dianjurkan bagi runners untuk mengambil hari libur usai ikut lomba lari. Apalagi kalau ikut half maupun full marathon. Usahakan untuk benar-benar istirahat selama dua hingga tiga hari. Tujuannya supaya tubuh bisa pulih dengan baik.

 

Setelah itu, kamu bisa melakukan olahraga ringan dengan tujuan untuk melancarkan peredaran darah. “Dengan begitu diharapkan peredaran darah akan membawa nutrisi-nutrisi yang bagus untuk recovery otot supaya balik ke kondisi normal,” jelas Coach Idir.

 

Ada banyak pilihan olahraga yang menarik untuk dilakoni. Kalau Coach Idir paling suka bersepeda santai bersama teman-teman cyclist.

 

Nah, itulah beberapa tips dari Coach Idir. Apa kamu ada rencana ikut event lari dalam waktu dekat? Jangan lupa dipraktekkan, ya.

 

Semoga bermanfaat!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published