Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Pecah!! Ratusan Cyclist Meriahkan 13th Anniversary Freedom Cycling Club

Pecah!! Ratusan Cyclist Meriahkan 13th Anniversary Freedom Cycling Club

Bukan Freedom Cycling Club namanya jika tidak membuat kehebohan. Pada Minggu, 17 Desember 2023, klub sepeda tertua di Surabaya itu sukses menciptakan suasana pagi yang membara. Dengan mengenakan jersey oranye andalan, Freedom CC mengadakan anniversary ride yang ke-13.

 

Hampir 200 member Freedom CC ikut dalam perayaan kali ini. Namun, jumlah itu tidak sampai separuh dari total member yang ada. Sejak terbentuk pada 12 Desember 2010 silam, anggota Freedom CC terus meningkat dari waktu ke waktu. Terbaru, komunitas yang diketuai oleh Mahfud Tamwardi alias Ko Fuk itu memiliki 553 member.


Freedom Anniversary Ride
 

Tidak mau ketinggalan, legenda sepeda Surabaya yakni Go Suhartono turut memeriahkan acara tersebut. Cyclist yang biasa dipanggil Ko Hay itu tampak antusias.

 

"Dalam rangka anniversary ketiga belas Freedom CC, semoga langgeng dalam bersepeda. Yang diharapkan kita ini gowes untuk kebersamaan dan kebugaran. Kalau yang muda-muda ingin berprestasi silakan," tutur Ko Hay.

 

Tidak hanya Ko Hay, rupanya Freedom juga mengundang beberapa komunitas sepeda di Surabaya. Ada perwakilan dari Women Cycling Club, Uraa Cycling Club, Rock It Cycling, Vin Cycling Club, serta Loops dalam peleton pagi itu.



Freedom Anniversary Ride

 

Ada dua titik start anniversary ride kemarin. Freedom sengaja melakukannya untuk mengakomodir para member sesuai domisili. Mereka yang dari Surabaya barat start di Park & Ride Mayjend Sungkono pukul 05.20 WIB. Sedangkan yang dari Surabaya timur start di Marmoyo pukul 05.30 WIB. Kedua peleton kemudian bertemu di area Kebun Binatang Surabaya.

 

"Biasanya kami selalu gowes ke Malang atau Batu tiap anniversary. Baru kali ini di dalam kota," tutur Karnaji, pembina Freedom CC.


Baca juga: WCC Semarang Ingin Tampilkan Kelembutan dan Ketegasan Wanita Lewat Jersey Terbaru

 

Selama ini Freedom CC memang terkenal dengan agenda gowes luar kota. Tetapi tahun ini mereka memutuskan untuk tidak melakukan gran fondo. Hanya gowes santai menuju Krian, lalu putar balik menjelajah spot-spot menarik yang ada di Surabaya. Total jarak yang ditempuh relatif singkat, sekitar 50 km saja.
 

Freedom Anniversary Ride

 

Hotel Mercure yang berada di Jalan Darmo menjadi titik finis. Ya, perayaan anniversary ke-13 masih berlanjut di ballroom hotel tersebut. Sekitar pukul 07.00 WIB seluruh cyclist telah rampung gowes dan bergegas menuju lokasi acara.

 

Acara dimulai dengan pemotongan tumpeng oleh Ko Fuk. Lalu dilanjut dengan sarapan bersama para member Freedom CC. Suasana makin seru dengan selingan pembagian doorprize dari para sponsor. SUB Jersey turut ambil bagian mendukung perayaan anniversary ke-13 Freedom CC.

 

Jersey Freedom Cycling Club 2024

 

Puncak kemeriahan terjadi saat tiga calon jersey Freedom CC untuk 2024 ditampilkan di panggung. Itu adalah jersey custom dari SUB. Jersey tersebut memiliki desain dengan motif garis-garis. Jersey pertama berwarna dasar ungu dengan garis hijau tosca, lalu jersey kedua berwarna merah maroon dengan garis oranye khas Freedom CC. Sedangkan jersey terakhir berwarna dasar hitam dengan garis oranye.

 

Agar lebih pas, tiga member perempuan diminta untuk memakai jersey tersebut kemudian memperagakannya di panggung. Selain jersey cycling, Freedom CC juga membuat running tee berwarna oranye dengan garis putih di dada dan lengan.


Baca juga: Komunitas Lari Bangkalan: Dulu Tak Suka, Kini Jatuh Cinta

 

Setelah itu, seluruh anggota Freedom CC diminta untuk memilih jersey yang paling mereka sukai. Polling diadakan di grup whatsapp Freedom CC. Hasilnya jersey kedualah yang mendapat suara terbanyak. Jersey itulah yang akan menjadi seragam mereka untuk tahun depan.

 

"Yang selalu kita harapkan agar member Freedom lebih kompak dan guyub. Kita bikin klub karena sama-sama penghobi sepeda. Tidak ada agenda lain di dalamnya. Saya berharap bisa tetap berjalan seperti ini," kata Rizky Noer, pengurus Freedom CC.

 

Anniversary Freedom Cycling Club yang ke 13

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published