Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Lega Bisa Finis Bentang Jawa 2023

Lega Bisa Finis Bentang Jawa 2023

Arfiana Khairunnisa dan Adrina Puspita Raras senang bukan kepalang saat memasuki Taman Blambangan di Banyuwangi yang menjadi tempat finis Bentang Jawa 2023. Akhirnya perjuangan mereka menuntaskan ultra cycling race sejauh 1.500 km dari ujung barat menuju ujung timur Pulau Jawa selesai juga.

 

Pasangan ini berhasil menyelesaikan seluruh tantangan dalam waktu 6 hari 6 jam 41 menit. Mereka berangkat dari Pantai Carita di Banten pada Minggu (13/8) pukul 05.30 WIB. Perjuangan mereka berakhir di Banyuwangi pada Sabtu (19/8) siang.

 

“Kami senang banget bisa finis. Lega sekali. Ternyata 1.500 km itu memang panjang banget. Tanjakannya lumayan tinggi. Jadi ketika sampai finis kami benar-benar senang,” ucap Fian, panggilan akrabnya, saat dihubungi SUB Jersey.

 

 

Ini merupakan kali perdana bagi Fian dan Raras mengikuti Bentang Jawa. Mereka tidak banyak pengalaman dengan ultra cycling race. Makanya bisa menyelesaikan balapan sebelum cut of time (COT) seperti keajaiban bagi keduanya.

 

baca juga: Dungo, Dinongo, Pangestune, Jersey Sarat Makna Untuk Bentang Jawa


Apalagi banyak cobaan yang mereka hadapi selama hampir tujuh hari di jalan. Pada hari kedua rem depan sepeda milik Raras mengalami blong. Posisi mereka saat itu di Pangandaran, namun, tidak ada bengkel yang bisa mengatasi persoalan tersebut. Akhirnya dengan kondisi itu, mereka tetap nekat melanjutkan perjalanan.

 

“Kami baru dapat bengkel di Yogyakarta. Itupun kami terpaksa keluar rute dulu sekitar 20 km. Lumayan kebuang lima jam perjalanan karena harus benerin remnya. Kendala itu yang paling berat buat kami,” cerita cyclist 37 tahun tersebut.

 

Kendala tersebut akhirnya membuat pasangan ini finis lebih lama dari yang direncanakan. Awalnya Fian dan Raras mencanangkan bisa menyelesaikan Bentang Jawa 2023 pada Jumat (18/8) malam. Namun, banyaknya kejadian di luar dugaan membuat mereka harus puas dengan hasil yang mereka capai pada akhirnya.

 

Tiada hari yang tidak meninggalkan kesan bagi mereka. Setiap hari mereka selalu mengalami hal berbeda. Entah itu kejadian menyenangkan ataupun menyebalkan. Mereka sadar ternyata menjadi tim untuk event semacam ini tidak mudah. Tidak seperti solo rider. Banyak hal yang harus dikompromikan oleh pasangan ini.


baca juga: Wajib Putar Lagu Kebangsaan Sebelum Pindah Negara


Fian dan Raras beberapa kali selisih paham. Terutama soal pace di jalan. Ketika satu inginnya kencang, tetapi yang lain tidak sanggup mengikuti. Belum lagi dengan kondisi kesehatan masing-masing yang tidak menentu setiap harinya.

 

“Sinkronisasi pace itu challenge banget. Bikin masing-masing orang nggak nyaman. Harus ekstra sabar,” ungkap Fian.

 

Beruntung mereka bisa mengelola emosi dengan baik. Jadi tidak sampai terjadi pertengkaran hebat. Karena mereka sadar hal itu malah bisa jadi hambatan. Fian dan Raras tetap berusaha menjalani semuanya dengan penuh sukacita. Apalagi dukungan lewat sosial media kepada pasangan ini mengalir deras.

 

 

Lucunya banyak yang memanggil mereka dengan sebutan ‘Bang Fian’ dan ‘Bang Raras’. Mendengar itu pasangan ini hanya menanggapi dengan tertawa. Mereka sudah biasa dipanggil seperti itu, sebab, selama ini lebih sering gowes dengan cyclist laki-laki.

 

SUB Jersey setiap menemani mereka selama Bentang Jawa. Keduanya membawa tiga jersey untuk event unsupported tersebut. Jersey Gravel T/A/G Camo Short Sleeves Pink, Gravel T/A/G Moss Green, dan Indonesia Series 2023.

 

Menurut Fian, untuk balapan endurance seperti Bentang Jawa akan lebih nyaman memakai jersey loose seperti Gravel T/A/G Series. Tidak terlalu ketat di badan seperti jersey untuk road bike pada umumnya.  Mereka memadukannya dengan bib comfy short.

 

“Bibnya SUB itu cepat kering. Itu nomor satu buat aku, apalagi tiap malam aku pasti nyuci bib. Selama ini aku paling rewel untuk kaos kaki. Tapi kaos kakinya SUB itu cocok banget buat kaki aku,” tuturnya.

 

Selain itu, Fian dan Raras terbantu sekali dengan jaket windproof packable raptor. Ketika cuaca dingin, jaket bikinan SUB ini mampu menghangatkan badan. Saat panas bisa menjaga suhu tubuh tetap stabil.

 

Apakah kamu tertarik memakai yang sama? Segera kunjungi website SUB Jersey, SUB Design Gallery Sutos, dan official reseller SUB. Dapatkan segera produk favoritmu. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published