Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Rekomendasi Olahraga Agar Tetap Fit Saat Libur Lebaran

Rekomendasi Olahraga Agar Tetap Fit Saat Libur Lebaran

Libur lebaran menjadi momen tersibuk setiap tahunnya bagi mayoritas masyarakat di Indonesia. Mulai dari tradisi mudik ke kampung halaman, berbagai kunjungan keluarga dari satu rumah ke rumah yang lain, hingga melimpahnya makanan berlemak serta minuman manis. 


Padatnya agenda tersebut pasti membuat kamu sulit untuk menyempatkan diri berolahraga. Padahal dengan bermacam kegiatan dan sajian makanan berlemak selama lebaran, kamu harus tetap aktif berolahraga. Hal ini supaya tidak terjadi penumpukan lemak dalam tubuh secara berlebihan. 


Agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan selama libur lebaran. Olahraga ini cenderung mudah dilakukan serta tidak memerlukan alat secara spesifik. Tetapi mampu mendatangkan manfaat baik bagi tubuh dibanding dengan tidak berolahraga sama sekali. 


Apakah rekomendasi olahraga tersebut? Simak artikel berikut ini, ya. 


Baca juga: Olahraga Saat Puasa Bisa Bikin Haus? Simak Penjelasan Berikut Ini


Jalan Kaki Minimal 45 Menit

Jalan kaki bisa menjadi ide menarik untuk dilakukan bersama-sama dengan keluarga. Bisa juga jadi momen untuk bonding dengan keluarga di kampung yang sudah ditinggal merantau lama. 


Olahraga ini minim effort. Bisa dilakukan di mana saja. Sekitar komplek perumahan pun juga tidak masalah. 


Jalan kaki akan memberikan manfaat baik bagi tubuh apabila dilakukan dengan durasi minimal 45 menit. Kamu bisa menyempatkan waktu di pagi hari sebelum melakukan aktivitas kunjungan keluarga. 



Lari Minimal 30 Menit

Jika sebelum libur lebaran kamu merupakan orang yang aktif berolahraga, pasti akan terasa kurang kalau tidak melakukannya selama liburan. 


Kamu disarankan untuk tetap melanjutkan aktivitas yang baik bagi tubuh tersebut. Tidak usah bingung cari lapangan atletik, apapagi kalau kamu sedang ada di kampung. 


Silakan memanfaatkan area komplek perumahan, jalanan sekitar kampung, atau bahkan lapangan kampung. Untuk memetik hasil yang signifikan, sebaiknya larilah dengan durasi minimal 30 menit. Soal kecepatan sesuaikan dengan kemampuan masing-masing. 


Baca juga: 8 Manfaat Olahraga Saat Puasa


Home Workout

Kalau kamu ingin menjaga tubuhmu agar tetap in shape dengan latihan beban, kamu bisa melakukan home workout. Baik dengan alat maupun tidak. 


Jika selama ini kamu terbiasa latihan di gym dan bingung apa yang harus dilakukan saat di rumah, kamu dapat memanfaatkan youtube. Tersedia ribuan video workout yang menarik dari berbagai instruktur di dunia. Mulai yang intensitas rendah hingga tinggi. Dari yang no equipment hingga sekadar pakai dumbell saja. 


Apapun olahraga yang kamu pilih, penting sekali untuk tetap aktif saat libur lebaran. Karena sekali kamu berhenti, akan susah untuk menemukan motivasi untuk memulai latihan lagi. 


Layaknya kendaraan yang perlu dipanasi mesinnya tiap hari, tubuh pun memerlukan aktivitas signifikan agar tetap fit. Jangan sampai gara-gara terlalu bermalas-malasan selama lebaran, kamu malah sakit. 


Semangat berolahraga. Hati-hati bagi kamu yang mudik lebaran. Semoga selamat sampai tujuan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published