Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Yuk Kenali Macam-Macam Olahraga Lari

Yuk Kenali Macam-Macam Olahraga Lari

Olahraga lari tidak pernah gagal memikat hati masyarakat. Terutama mereka yang giat berolahraga demi memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Aktivitas fisik yang banyak mengandalkan kaki ini selalu jadi pilihan utama. Selain karena murah dan tidak memerlukan banyak alat, lari juga mudah untuk dilakukan di mana saja dan kapan saja.

 

Selama ini mayoritas orang hanya mengenal lari yang umum saja. Seperti lari 5 km, 10 km, half marathon, hingga full marathon. Wajar saja, karena, jenis lari itu memang sering dilombakan. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga hampir di seluruh dunia.

 

Bahkan banyak event lari internasional yang sangat bergengsi hingga membuat banyak runners berlomba-lomba untuk kualifikasinya. Yang paling sering disebut tentu saja World Marathon Majors. Ada Boston Marathon, New York Marathon, Berlin Marathon, dan beberapa marathon lainnya.

 

 

Hanya saja tidak banyak oranag tahu bahwa ternyata ada banyak sekali macam-macam lari. Di mana sebetulnya lari merupakan cabang dari olahraga atletik. Atletik sendiri merupakan aktivitas fisik yang meliputi lari, lompat, jalan, dan lempar.


Baca juga: Tips Lari Untuk Pemula Ala Coach Ong Sin Kwei

 

Olahraga atletik termasuk cabang olahraga yang sangat populer di dunia. Sekaligus merupakan salah satu olahraga yang dipertandingkan di olimpiade. Olimpiade sendiri ialah multievent bergengsi yang diadakan empat tahun sekali. Tidak mudah bagi para atlet untuk bertanding mewakili negara masing-masing di olimpiade, sebab, ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

 

Sejauh ini baru ada empat atlet Indonesia yang kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Yakni Diananda Choirunnisa dari cabang memanah yang lolos berkat perolehan medali perunggu nomor ganda campuran recurve bersama Riau Ega Agatha di Asian Games 2023.

 

Lalu ada Desak Made Rita Kusuma Dewi yang merupakan atlet panjat tebing nomor speed. Pesenam Rifda Irfanaluthfi, serta pemanah Arif Dwi Pangestu.

 

Kembali membahas atletik, pelaksanaan olahraga ini dibagi menjadi dua macam, yaitu di lapangan dan di lintasan. Lintasan sendiri digunakan untuk olahraga lari, sedangkan lapangan untuk cabang lain seperti melempat dan lompat.

 

Agar tidak bingung, SUB Jersey telah merangkumnya untuk kamu, nih, para runners. Yuk, simak agar pengetahuan tentang lari semakin bertambah.

 

1. Event Lintasan
Biasanya perlombaan ini dilaksanakan di lapangan atletik yang memiliki lintasan yang didesain secara khusus. Kalau kamu sering berlari di lapangan atletik, pasti sudah tahu bagaimana karakter lintasan tersebut. Berbeda sekali dengan berlari di jalan raya, bukan?

Untuk event lintasan ini biasa dibagi menjadi beberapa, berikut penjelasannya:

1.1 Lari Jarak Pendek

Seperti namanya lari ini mulai 60 m, 100 m, 200 m, hingga 400 m

 

1.2 Lari Jarak Menengah

Kalau lari ini mulai dari 800 m, 1500 m, sampai 3000 m

 

1.3 Lari Jarak Jauh

Biasanya jarak 5000 m dan 10.000 m

 

1.4 Lari Gawang

Dinamakan lari gawang karena ada rintangan berupa gawang yang harus dilalui dengan cara melompat. Jarak yang dipertandingkan mulai 100 m, 110 m, dan 400 m.

 

1.5 Lari Estafet

Kalau lari ini biasanya dilakukan secara beregu. Satu tim terdiri dari empat orang. Nomor yang dipertandingkan ialah 4 x 100 m dan 4 x 400 m.

 

1.6 Lari Jalanan

Pasti kamu bertanya lalu bagaimana dengan half marathon atau full marathon. Kedua lomba itu masuk kategori ini. Biasanya dilakukan di jalanan, tetapi akan diakhiri di lintasan atletik. Mulai dari 5 km, 10 km, 21,1 km, hingga 42,2 km.

 

1.7 Jalan Cepat

Apakah kamu pernah mendengarnya? Ya, ini adalah lomba berjalan tetapi dengan kecepatan dan gerakan khusus. Bukan sekedar jalan biasa yang dipertandingkan.

Dalam event resmi ada beberapa kategori jaraknya, yakni 10 km, 20 km, hingga 50 km. Hendro Yap merupakan atlet jalan cepat andalan Indonesia yang berprestasi ditingkat internasional.

 

2. Event Lapangan

Untuk olahraga yang dilakukan di sini biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

2.1 Melempar

Meliputi tolak peluru, lempar lembing, lempar cakram, dan lontar martil.\

 

2.2 Melompat

Teridiri atas lompat tinggi, lompat galah, lompat jauh, dan lompat jangkit.

 

3. Event Kombinasi

Merupakan cabang olahraga yang mempertandingkan beberapa olahraga sekaligus. Paling populer tentu saja triathlon dengan berenang, bersepeda, dan berlari. Tetapi ada juga yang lain seperti pentathlon, heptathlon, serta decathlon.

 

Nah, seperti itulah macam-macam olahraga atletik. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya? Pasti akan sangat seru jika bisa menambah hobi baru. Yang pasti jangan patah semangat. Sebab, tujuan berolahraga pada akhirnya agar fisik tetap sehat serta kuat.

 

Salam olahraga!!

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published