Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Beberapa Fakta Menarik Mengenai London Marathon

Beberapa Fakta Menarik Mengenai London Marathon

London Marathon 2024 tinggal menghitung hari. Event lari yang masuk dalam kalender World Major Marathon itu akan bergulir pada Minggu, 21 April 2024. Ratusan ribu runner dari berbagai dunia datang untuk merasakan sensasi berlari di kota London yang sangat ikonik. 


Terang saja jika banyak runner yang menjadikan London Marathon sebagai bucket list event. Pasalnya event ini memiliki keunikan. Diadakan pertama kali pada 29 Maret 1981, London Marathon membukukan statusnya sebagai charitable race. 


Artinya ajang ini bukan sekadar marathon biasa. Para runner berlari sekaligus dalam misi kemanusiaan. Karena itulah tidak heran jika pesertanya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 


Penasaran apa saja keunikan dari salah satu marathon tertua di dunia ini? Berikut fakta-fakta yang sudah dikumpulkan oleh SUB Jersey hanya untuk kamu. 


Baca juga: Mengenal Lebih Dalam World Major Marathon, Yuk!


Terinspirasi dari New York dan Boston Marathon

Setelah mengikuti marathon di New York, John Disley dan Chris Brasher penasaran apakah London mampu mengadakan event yang serupa. Keduanya menilai ibukota Inggris tersebut memiliki jalur yang sangat memadai untuk berlari. 


Tetapi Disley dan Brasher masih ragu apakah warga London bakal menyambut dengan ramah kehadiran pelari dari berbagai penjuru dunia. Mereka pun mengadakan perjalanan ke Boston Marathon dan New York Marathon untuk mempelajari bagaimana event ini berjalan. 


Setelah itu, keduanya mendapatkan kontrak tiga tahun dengan Gillete seharga £75.000. Sejak awal London Marathon ditetapkan dengan status amal dan hal tersebut dipertahankan sampai sekarang. 



Antusiasme Tinggi Sejak Pertama Bergulir

Seperti telah disebutkan, London Marathon pertama kali diadakan pada 29 Maret 1981. Lebih dari 20.000 pelari ingin berpartisipasi dalam ajang ini, namun, saat itu hanya 7.747 orang yang diterima. 


Ada 6.255 finisher yang dipimpin oleh Dick Beardsley dari Amerika dan Inge Simonsen dari Norwegia. Joyce Smith memecahkan rekor Inggris dengan memenangkan perlombaan kategori putri dengan catatan waktu 2 jam 29 menit 57 detik.


Baca juga: Catat Tanggalnya!! Ini Kalender Marathon 2024


Sempat Ditiadakan Pada 2021-2022

London Marathon tidak luput kena efek pandemi covid-19. Event yang biasa diadakan setiap Maret atau April itu terpaksa hiatus sejenak pada periode 2021-2022. 


Tidak hanya London Marathon saja. Berbagai event marathon atau olahraga lain pun mengalami hal serupa saat pandemi. 


Tetapi pada 2023 lalu, ajang ini kembali bergulir dan disambut meriah oleh para penggemarnya. Sebanyak 49,675 runner tercatat sebagai peserta yang lari pada 23 April 2023 tersebut. 


Rekor Terbaru London Marathon

Rekor London Marathon terus mengalami pembaharuan. Selalu ada saja pelari yang mampu melampaui rekor yang sebelumnya pernah dibukukan. 


Pemilik rekor marathon putra dipegang oleh Kelvin Kiptum yang mencatatkan waktu 2 jam 01 menit 25 detik. Rekor tersebut dibuat pada 2023 silam. 


Sementara itu, rekor marathon putri masih dipegang oleh Mary Keitany asal Kenya. Rekor waktu 2 jam 17 menit 01 detik itu masih bertahan selama tujuh tahun berturut-turut dan belum ada yang bisa melampauinya. 


Tigst Assefa Targetkan Pecahkan Rekor London Marathon

Siapa tidak kenal Tigst Assefa? Atlet asal Etiopia ini baru saja memecahkan rekor Berlin Marathon dengan catatan waktu yang super impresif. Yakni 2 jam 11 menit 53 detik. 


Mantan runner spesialis 800 m itu akan melakukan debutnya di London Marathon tahun ini. Ia bertekad untuk melengserkan rekor dunia sektor putri yang masih dipegang oleh Mary Keitany. 


Rutenya Lewat Landmark Kota London

London Marathon selalu menjamu para peserta dengan keindahan kotanya. Rutenya selalu dilewatkan berbagai landmark yang ada di sana. Di antaranya St. Paul’s Cathedral, Houses of Parliament, Tower Bridge, dan finis dengan latar belakang Buckingham Palace.


Jadi kalau kamu jadi peserta London Marathon, jangan lupa untuk menikmati pemandangan yang disajikan. Tidak ada salahnya untuk mengoleksi beberapa foto selama lari hingga garis finis. 


Itulah tadi beberapa fakta menarik mengenai London Marathon. Apakah kamu termasuk salah satu yang akan tercatat dalam sejarah event ini? Jika belum, maka ini saatnya untuk set goal agar bisa masuk kualifikasi ajang tersebut. 


Semangat terus, ya. Semoga sukses.  

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published