Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Delapan Bulan Berkelana, Royke Lumowa Terpaksa Kembali ke Indonesia

Delapan Bulan Berkelana, Royke Lumowa Terpaksa Kembali ke Indonesia

Kabar kurang mengenakkan datang dari Royke Lumowa. Pasalnya usai delapan bulan berpetualang keliling dunia dengan bersepeda, ia terpaksa kembali ke Indonesia gara-gara masalah visa schengen. 


Hal tersebut membuatnya harus mengambil keputusan besar dengan kembali ke tanah air naik pesawat pada Senin, 26 Februari 2024 lalu. Kabar ini diumumkan oleh Royke melalui akun instagram @roykeworldcycling. 


“Segala upaya telah ditempuh, banyak bantuan telah diberikan, terutama Dubes Ankara dan Dubes Den Haag, namun regulasi mengatakan lain. Harus dimaklumi,” tulis Royke. 


Baca juga: Royke Lumowa Akhirnya Dapat Lampu Hijau Masuk Eropa


Kendati mendapat kenyataan pahit tersebut, ia tidak pantang menyerah. Misinya adalah gowes keliling 47 negara dalam waktu 1,5 tahun lamanya. Sekarang ia baru berhasil mengunjungi 26 negara. 

 

Delapan Bulan Berkelana, Royke Lumowa Terpaksa Kembali ke Indonesia

Royke Lumowa saat gowes dari Eindhoven, Belanda menuju Dusseldorf Jerman. dok @roykeworldcycling.

 

Oleh karena itu, ia pun memilih untuk pulang sejenak ke Indonesia. Guna mengurus perpanjangan visa schengen agar perjalanan gowesnya ke negara-negara di Eropa tidak tersendat lagi. 


“Seselesainya visa ‘kukan kembali lagi mengayuh,” tegasnya. 


Baca juga: Gagal Dapatkan Visa Schengen, Royke Lumowa Bergerak Menuju Tabriz Dengan Naik Mobil


Sangat disayangkan memang. Namun, sejak awal Royke memang sudah menemui kendala terkait visa schengen itu. Kala itu Royke mencoba mengurus perizinan sejak masih gowes di Iran. Tetapi ternyata gagal. 


Jadilah ia bersama rombongan Elang Putih yang setia mengikutinya bergerak menuju Istanbul pada 15 November 2023. Di negara Turki inilah bintang keberuntungannya bersinar terang. Pada pertengahan Desember, Royke memperoleh lampu hijau untuk masuk ke Eropa lewat Yunani. 


Sempat mengira perjalanan bertajuk Cycling Anywhere to Save the Earth tersebut bakal mulus. Ternyata hambatan lagi-lagi dilaluinya setelah dua bulan lebih gowes di Eropa. Tepat setelah 8 bulan lamanya dengan jarak gowes sejauh 12.000 km. 


Semoga urusan visanya segera beres, Om Royke. Kami tunggu petualangan serunya.

Semangat terus!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published